Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pastikan Tak Ada Lonjakan Harga, KPPU dan TPID Balikpapan Inspeksi Pasar

Komisi Pengawasan Persaingan Usaha menginspeksi pasar tradisional di wilayah Klandasan, Balikpapan, bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah untuk memastikan tak ada lonjakan harga bahan pangan yang signifikan menjelang bulan puasa.
KPPU dan TPID Balikpapan Inspeksi Pasar/Nadya Kurnia
KPPU dan TPID Balikpapan Inspeksi Pasar/Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Komisi Pengawasan Persaingan Usaha menginspeksi pasar tradisional di wilayah Klandasan, Balikpapan, bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah untuk memastikan tak ada lonjakan harga bahan pangan yang signifikan menjelang bulan puasa.

Inspeksi itu dilakukan oleh Wakil Ketua KPPU Kurnia Syah'ranie, Ketua KPPU Balikpapan , Kepala Kantor Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani, dan Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesra Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah.

"Kami harap tidak ada lonjakan harga yang kelewat tinggi menjelang bulan puasa dan selama bulan puasa hingga lebaran. Jadi harga bahan pangan ini harus dijaga betul, harus diawasi jangan sampai melonjak," tutur Sya'ranie, Jumat (12/5/2016).

Dari inspeksi pagi ini, didapati harga bawang merah mengalami kenaikan, semula hanya Rp40.000/kilo, hari ini mencapai Rp55.000/kilo. Dia mengatakan harga bawang merah yang cukup tinggi ini juga terjadi di daerah-daerah lain.

Sebelumnya KPPU juga melakukan inspeksi bawang merah di daerah produsen bawang merah, yakni di Nganjuk. Hingga saat ini, KPPU masih menelusuri penyebab lonjakan harga bawang merah.

"Kami khawatirkan harganya tinggi karena rantai distribusinya terlalu tinggi. Harga bawang merah ini mungkin saja akan naik lagi, tapi kami akan monitor supaya lonjakannya tidak signifikan," lanjutnya.

Kepala Bank Indonesia Balikpapan Suharman Tabrani mengatakan TPID Balikpapan akan ikut memonitor harga bahan pangan di Balikpapan selama bulan puasa agar harga jual tak naik secara tak wajar.

"Kalau ada kenaikan harga sebesar 5% karena distribusi atau karena alasan lainnya itu masih wajar. Kalau kenaikan harganya sampai berlipat-lipat ganda dari harga normal, itu yang tidak wajar," tutup Suharman.

Inspeksi harga bahan pangan di Pasar Klandasan, Balikpapan, oleh KPPU dan TPID Balikpapan. Inspeksi dilakukan untuk memastikan tak ada lonjakan harga yang signifikan menjelang bulan puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper