Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kualitas Produk Pertamina akan Berstandar Euro 5

PT Pertamina (Persero) akan mempercepat peningkatan kualitas produk pada proyek pengembangan kilang atau Refinery Development Master Plan RU V Balikpapan tahap I dan II dengan kualitas produk olahan standar Euro 5 pada 2021.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 23 Oktober 2016  |  22:53 WIB
Pembangunan gedung apartemen PT Pertamina di kawasan Dahor, Balikpapan. - JIBI / Nadya Kurnia
Pembangunan gedung apartemen PT Pertamina di kawasan Dahor, Balikpapan. - JIBI / Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Pertamina (Persero) akan mempercepat peningkatan kualitas produk pada proyek pengembangan kilang atau Refinery Development Master Plan RU V Balikpapan tahap I dan II dengan kualitas produk olahan standar Euro 5 pada 2021.

"Jadi peningkatan kapasitas produksi hingga 360.000 barrel per hari itu kami bagi jadi dua tahap. Tahap pertama target selesainya 2019, kapasitasnya sudah 360.000 barrel, tapi standar produknya masih Euro 2," jelas Direktur Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi, Minggu (23/10/2016).

Percepatan peningkatan kualitas produk menjadi Euro 4 akan dilaksanakan pada pembangunan tahap II yang ditargetkan dapat selesai pada 2021.

Hardadi mengatakan, pihaknya bahkan akan mendorong agar kilang tersebut mampu berproduksi dengan kualitas Euro 5.

Dia berpendapat, biaya pembangunan kilang dengan produk berspesifikasi Euro 4 atau 5 tak berbeda jauh.

Oleh karena itu, pengembangan kilang unit V Balikpapan tahap kedua akan dimulai awal 2017 dan diharapkan selesai paling lambat pada pertengahan 2021 dengan spesifikasi produk Euro 5.

Percepatan peningkatan kualitas itu, kata dia, berasal dari tuntutan masyarakat dan stake holder yang mengingingkan agar kualitas produk yang diolah Pertamina dapat segera ditingkatkan.

Saat ini proses pembangunan dan pengembangan kilang masih berjalan sesuai perencanaan.

"Kalau bisa cepat, mengapa harus lambat. Bahkan sesuai dengan perkembangan terakhir, di mana terdapat aspirasi untuk produksi BBM dengan spesifikasi Euro 5 dan kami akan penuhi aspirasi tersebut bahkan dengan target waktu yang lebih cepat," sambungnya.

Kini Pertamina masih membangun apartemen di kawasan Dahor, tak jauh dari lokasi kilang unit V.

Bangunan hunian khusus pegawai perseroan itu kini telah mencapai 26%. Pada November, pembangunan ditargetkan rampung 50% dan pada akhir tahun ditargetkan telah rampung 76%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina
Editor : Yoseph Pencawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top