Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kawasan Wisata Pantai Manggar Balikpapan Sedot Lebih Banyak Pengunjung

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan mencatat kunjungan wisatawan di Pantai Manggar Segarasari meningkat lebih dari 70% pada libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.
Pantai Manggar Segarasari Balikpapan.
Pantai Manggar Segarasari Balikpapan.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan mencatat kunjungan wisatawan di Pantai Manggar Segarasari meningkat lebih dari 70% pada libur perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

Berdasarkan catatan pemkot, pengunjung pantai wisata andalan Balikpapan itu mencapai 34.000 orang, meningkat bila dibandingkan dengan kunjungan pada periode yang sama tahun lalu yang hanya 18.000 orang.

"Tahun ini meningkat karena waktu liburnya cukup lama. Selain itu kami juga menambah sarana dan prasarana di pantai setiap tahunnya. Hal ini tentunya menarik minat wisatawan untuk berkunjung lagi ke Pantai Manggar," jelas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Oemy Fasesly, Selasa (3/1/2017).

Sejalan dengan meningkatnya jumlah kunjungan, penerimaan pendapatan asli daerah melalui retribusi uang masuk tempat wisata juga meningkat. Oemy mengatakan, semasa libur kemarin, retribusi dari Pantai Manggar mencapai Rp131 juta.

Sedangkan perolehan retribusi pada periode yang sama tahun lalu mencapai Rp70 juta. Kenaikan retribusi tersebut bukan hanya karena jumlah pengunjung yang meningkat. Namun juga karena tarif retribusi yang dinaikkan.

Yakni Rp5.000 untuk anak-anak yang mulanya Rp2.000 saja, dan Rp10.000 untuk dewasa yang mulanya Rp5.000. Tarif retribusi itu diberlakukan mulai Minggu (1/1) kemarin.

"Kami harap Pantai Manggar tetap menjadi destinasi yang dipilih pengunjung untuk berwisata. Kami akan terus perbaiki fasilitas dan menambah sarana yang ada agar pengunjung tertarik datang ke pantai."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper