Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Akhir Tahun, Angkutan Kapal Laut Banjarmasin Meningkat

Jelang momen natal dan tahun baru, perusahaan penyedia angkutan kapal laut di Banjarmasin mengklaim terjadi kenaikan angkutan penumpang dan barang.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, BANJARMASIN- Jelang momen natal dan tahun baru, perusahaan penyedia angkutan kapal laut di Banjarmasin mengklaim terjadi kenaikan angkutan penumpang dan barang.

Salah satu penyedia angkutan kapal laut di Banjarmasin, PT Dharma Lautan Utama (DLU) bahkan mengklaim, kenaikan penumpang sudah terjadi sejak 1-2 hari terakhir.

"Untuk penumpang tujuan Banjarmasin ke Surabaya, jika hari biasa yang bisa kita berangkatkan cuma maksimal 100 orang, maka 1-2 hari ini melonjak sekitar 400 orang. Artinya kenaikannya kita persentasikan mencapai 300%," tegas Kepala PT DLU Cabang Banjarmasin Anton Wahyuddin, Kamis (20/12/2018).

Walau mengalami kenaikan penumpang, Anton menekankan PT DLU tidak melakukan kenaikan tarif untuk tujuan Banjarmasin-Surabaya. Kalau pun ada kenaikan hanya dikenakan bagi penumpang yang melakukan perjalanan laut dari Surabaya dan Semarang.

"Tiket kita jual masih sekitar Rp280.000 perorangnya. Diperkirakan lonjakan penumpang dari Banjarmasin ke Surabaya ini akan terus terjadi sampai sebelum tahun baru 2019," tambahnya.

Sedangkan untuk angkutan barang tujuan Surabaya ke Banjarmasin, sudah sejak sebulan lalu mulai mengalami kenaikan hingga 30% dibanding hari biasa.

Kenaikan angkutan barang sendiri didominasi oleh jenis barang konveksi, logistik pemilu, kontruksi hingga sembako.

"Kenaikan angkutan barang ini cukup signifikan dibanding tahun lalu. Hal ini karena bertepatan dengan tahun politik, sehingga banyak sekali logistik pemilu yang dikirim melalui jalur laut dari Surabaya ke Banjarmasin," ungkapnya.

Guna menghadapi momen natal dan tahun baru, PT DLU menyiapkan dua unit kapal KM Kirana dan KM Kumala untuk bisa mengakomodir tingginya angkutan penumpang dan barang dari Banjarmasin ke Surabaya atau pun sebaliknya.

"Dengan dua kapal tersebut kami optimis bisa melayani dengan baik angkutan penumpang hingga barang. Semoga kesiapan kami ini bisa berbanding lurus dengan cuaca yang tidak terlalu buruk di bulan Desember kali ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper