Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pegadaian Ajak Warga Balikpapan Kelola Sampah Menjadi Emas

Program pemilahan sampah tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Pegadaian (Persero) Bank Sampah Balikpapan kenalkan program penukaran sampah menjadi tabungan emas melalui Bank Sampah Balikpapan.

Program pemilahan sampah tersebut merupakan upaya dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mengkapitalisasi sampah menjadi tabungan emas.

"Program ini sebuah pembelajaran kepada masyarakat Balikpapan tentang berinvestasi emas di Pegadaian seraya dengan menjaga kebersihan lingkungan Melalui pengelolaan sampah yang benar, dan memberikan nilai dimana sampah yang dikelola dan dipilah bisa dijual hasilnya ditabungkan di Pegadaian dengan Tabungan Emas Pegadaian," kata Pemimpin Kantor Wilayah (Kanwil) IV Balikpapan PT Pegadaian (Persero), Edy Purwanto, disela kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional, di Lapangan Merdeka Balikpapan, Minggu (24/3/2019).

Dijelaskan bahwa program bersih-bersih Pegadaian merupakan kegiatan untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat dalam memilah sampah untuk dikonversi menjadi tabungan emas Pegadaian. Kegiatan memilah sampah ini dinilai dapat menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengurangi volume sampah rumah tangga dan mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan, sekaligus sebagai upaya meningkatkan sumber penghidupan warga dari pemanfaatan kembali sampah.

"Tim dari Pegadaian membentuk rumah-rumah pengelolaan sampah di pool. Kemudian masyarakat dilatih memilah sampah, mana yang organik dan non organik. Lalu disetor, ditimbang, diproses, diolah, dan yang terakhir ditukar dengan tabungan emas," ujar Edy.

Menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) volume sampah di Kota Balikpapan dinilai cukup tinggi. Terdiri dari jumlah sampah tidak terkelola sebesar 3.0 ton per hari dan jumlah sampah yang ditimbun Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebesar 35.324 ton per hari.

Sementara itu untuk membantu pengelolan Bank Sampah di Balikpapan, Pegadaian memberikan bantuan seperti satu unit mobil pick up sampah, mesin pencacah plastik kapasitas 5 ton, taman The Gade Clean and Gold, timbangan sampah 10 unit, membuat tempat penimbangan sampah, dan gerobak sampah dorong sebanyak 10 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sophia Andayani
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper