Rekapitulasi Rampung, Pasangan Prabowo - Sandi Menang di Samarinda

Pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mendapatkan suara terbanyak dengan 231.570 suara. Adapun, pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin tercatat hanya mengumpulkan 209.208 suara.
Newswire | 09 Mei 2019 10:22 WIB
Warga memperlihatkan jarinya yang sudah dicelup tinta, usai mencoblos di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019. - Bisnis/Wahyu Darmawan

Bisnis.com, SAMARINDA—KPU Kota Samarinda telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu dengan mencatatkan peningkatan partisipasi pemilih menjadi 70,20% dari total daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Kota Samarinda Firman Hidayat mengatakan daftar pemilih tetap (DPT) Kota Samarinda mencapai 586.670 pemilih. “Berdasarkan rekapitulasi tersebut diketahui partisipasi pemilih untuk Kota Samarinda sebanyak 70,20% dari DPT yang ada,” ujarnya, Rabu (8/5/2019).

Untuk hasil rekapitulasi, pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno mendapatkan suara terbanyak dengan 231.570 suara. Adapun, pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin tercatat hanya mengumpulkan 209.208 suara.

Selain Pilpres, KPU Kota Samarinda juga merampungkan perhitungan suara untuk DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi Kaltim Dapil Kota Samarinda dan DPRD Kota Samarinda pada rapat pleno yang berlangsung pada 6-7 Mei tersebut.

Firman mengatakan partisipasi pemilih ini meningkat dibandingkan dengan Pemilu 2014 yang tercatat hanya mencapai 60%.

Saat rekapitulasi, saksi dari Partai Gerindra menolak menandatangani hasil penghitungan suara karena adanya dugaan penggelembungan suara, khususnya untuk pemilihan anggota DPRD Kota Samarinda. “Ada tiga formulir rekapitulasi yang kita tolak bertandatangan, yakni untuk Dapil 2,3 dan 5,” kata saksi dari Partai Gerindra, Arifudin.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019

Sumber : Antara

Editor : Rachmad Subiyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top
Tutup