Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tips Bank Kalsel agar UMKM Pandai Mengelola Keuangan

Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta pandai mengelola keuangan usaha mereka dengan menerapkan siasat tertentu.
Arief Rahman
Arief Rahman - Bisnis.com 14 Juli 2019  |  03:29 WIB
Gedung Bank Kalsel. - Bisnis.com
Gedung Bank Kalsel. - Bisnis.com

Bisnis.com, BANJARMASIN – Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) diminta pandai mengelola keuangan usaha mereka dengan menerapkan siasat tertentu, kata Muhammad Aris Zulkarnain dari Divisi Kelompok Bisnis Mikro Kecil dan Konsumtif Bank Kalsel.

Dia mengutarakan sudah banyak contoh UMKM yang usahanya tidak berkembang dan bangkrut akibat tidak dapat mengelola keuangan usaha mereka secara sehat dan profesional.

Hal tersebut diungkapkannya saat menjadi pembicara tentang belajar mengelola keuangan usaha pada even Sosialisasi Program Kemitraan dan Pelatihan UMKM Kalsel dengan tema "Naik Kelas UMKMnya, Maju Ekonomi Banua" yang diselenggarakan Forum Wartawan Ekonomi (FWE) Kalsel, Sabtu (13/07/2019) di Aula Kantor Pusat Bank Kalsel.

"Bagaimana caranya agar pandai mengelola keuangan usaha Anda. Salah satu cara sederhananya adalah dengan mulai memisahkan antara keuangan pribadi dengan keuangan usaha," paparnya.

Dengan memisahkan hal tersebut, kita pun dapat lebih mengetahui keuntungan yang diperoleh dari usaha yang dirintis. Selain itu kita juga bisa menghindari terpakainya modal usaha untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif.

"Kalau dipisah tadi kita juga akan mudah membuat pelaporan keuangan usaha yang akan berguna nantinya saat mencari tambahan modal di lembaga keuangan," tambahnya.

Dia juga mengingatkan agar pelaku UMKM yang menambah modal usaha dengan berutang, tidak berutang lebih dari 40 persen dari pendapatan usahanya. “jika memaksakannya bisa membuat keuangan usaha hingga pribadi menjadi kurang sehat.”

Bank Kalsel memiliki banyak sekali skema pembiayaan kredit bagi pelaku UMKM melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Mulai dari KUR Mikro dengan pinjaman maksimal Rp25 juta dengan waktu pinjaman hingga 3 tahun, hingga KUR Kecil dengan pinjaman mulai dari Rp25 - Rp500 juta dengan waktu pinjaman hingga 5 tahun.

"Dari data yang kami miliki ada sekitar 3.000 rekening KUR yang terdaftar di Bank Kalsel. Dari 3.000 rekening tersebut kredit yang bermasalah hanya kurang dari 1 persen," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm bank kalsel
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top