Penggunaan Data Gim Telkomsel di Kalimantan Tumbuh Pesat

“Tidak kita kira permain gim ada di Kalimantan. Gim terbesar Kotawaringin, Pangkalan Bun. Gim itu hiburan utama mereka yang bekerja di sawit-sawit. Kota Banjarmasin kalah penggunanya,”imbuhnya.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 11 Agustus 2019  |  22:59 WIB
Penggunaan Data Gim Telkomsel di Kalimantan Tumbuh Pesat
Ilustrasi-Mobile Legend - Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Tbk. mencatat bahwa pertumbuhan penggunaan data untuk layanan digital di Kalimantan didominasi dari sektor gim (permainan online).

GM Customer Sales Regional Kalimantan Ismu Widodo mengatakan, pengguna layanan digital gim bisa mengambil porsi 50% dibandingkan layanan digital lainnya, seperti video, music dan value services.

“Di Kalimantan ini cukup unik, penggunaan layanan digital untuk gim yang ternyata justru penggunaan terbanyak ada di daerah pedesaan. Hal ini merupakan indikator era digital bahwa antar kota – desa sudah sama,” jelasnya akhir pekan ini.

Dia melanjutkan, secara lokasi justru untuk regional Papua, Sulawesi, Kalimantan penggunaan gim terbesar tercatat berada di Kabupaten Kotawaringin, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Dia mengungkapkan, justru pengguna gim terbesar ada di daerah pelosok sebagai alternatif hiburan, utamanya bagi para pekerja tambang dan perkebunan.

“Tidak kita kira permain gim ada di Kalimantan. Gim terbesar Kotawaringin, Pangkalan Bun. Gim itu hiburan utama mereka yang bekerja di sawit-sawit. Kota Banjarmasin kalah penggunanya,”imbuhnya.

Hal ini pula yang mendorong perusahaan untuk meningkatkan layanan digital, dengan menyediakan area khusus pelanggan bermain gim. Dia juga mengharapkan hal tersebut bisa mendorong tumbuhnya permintaan layanan data digital perusahaan. Salah satunya pula dengan bekerja sama dengan pengembang permainan.

“Sekarang pengguna data kita meningkat. Utamanya digunakan untuk layanan gim. Gim itu lebih dari 50 persen, gim ada free fire, PUBG, GTA, Mobile Legend, dan lainnya. Kami juga sudah bekerja sama dengan pengembang gim. Kami tiap kota ada open room setiap hari. Misalnya di Samboja tiap hari kita open room free fire untuk main gim. Kita juga kerja sama dengan publisher gim dan memudahkan customer,” terangnya.

Saat ini, emiten berkode saham TLKM itu juga telah memperkuat dan meningkatkan layanan 4G hingga ke Long Bagun, Mahakam Ulu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telkomsel

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top