Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pendapatan dan Volume Konsumsi Rumah Tangga Topang Indeks Konsumen

Kondisi ekonomi konsumen di Provinsi Kalimantan Timur pada triwulan II/2019 mengalami peningkatan cukup tinggi yang ditandai dengan besaran nilai Indeks Tendensi Konsumen menjadi 129,91.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  02:46 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kondisi ekonomi konsumen di Provinsi Kalimantan Timur pada triwulan II/2019 mengalami peningkatan cukup tinggi yang ditandai dengan besaran nilai Indeks Tendensi Konsumen menjadi 129,91.

Berdasarkan Data Pusat Statistik, peningkatan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan II/2019 disebabkan oleh peningkatan pada komponen pendapatan dan volume konsumsi rumah tangga.

Hal ini menunjukkan terjadinya kenaikan tingkat optimisme konsumen sebesar 24,57 poin dibandingkan triwulan sebelumnya.

Namun, diperkirakan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan III/2019 akan menurun jika dibandingkan dengan kondisi triwulan saat ini ditandai dengan nilai ITK sebesar 94,17.

“Sebabnya, komponen pendapatan rumah tangga diperkirakan mengalami penurunan diiringi dengan menurunnya rencana pembelian barang tahan lama, ditandai dengan nilai ITK diperkirakan berada di bawah 100,”jelas data BPS yang dikutip Senin (12/8/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top