Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Pontianak Gandeng APJII Perkuat Jaringan di Singkawang

Di kawasan Pasir Panjang Indah sedang dibangun jaringan Palapa Ring Barat oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan PT Palapa Ring Barat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Desember 2019  |  10:50 WIB
Festival Tatung di Singkawang - telegraph.co.uk
Festival Tatung di Singkawang - telegraph.co.uk

Bisnis.com, PONTIANAK — Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Singkawang bersama Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menandatangani nota kesepahaman dalam hal penguatan dan pengembangan jaringan internet di Kota Singkawang, Kalimantgan Barat.

"Acara penandatanganan MoU [memorandum of understanding] itu dirangkai dengan kegiatan seminar literasi digital di halaman basemen Kantor Wali Kota Singkawang," kata Wakil Wali Kota Singkawang Irwan, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, kerja sama ini merupakan upaya Pemkot Singkawang untuk memfasilitasi jaringan internet agar tidak ada lagi wilayah yang blank spot.

"Layanan jaringan internet ini pula adalah suatu upaya Pemkot Singkawang dalam rangka menunjang aktivitas masyarakat dalam menyampaikan informasi, data, dan sebagainya di samping Pemkot Singkawang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Penyediaan layanan ini juga diharapkan bisa diakses oleh Kabupaten tetangga seperti Sambas, Bengkayang dan Mempawah.

Terlebih, di Kota Singkawang, tepatnya di kawasan Pasir Panjang Indah sedang dibangun jaringan Palapa Ring Barat oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan PT Palapa Ring Barat selaku badan usaha pelaksana proyek.

Oleh karena itu, dengan kehadiran Palapa Ring Barat akan makin menguatkan akses jaringan internet khususnya di Kota Singkawang.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza mengatakan bahwa untuk memperkuat jaringan internet, pihaknya akan menyasar daerah-daerah yang masih Blankspot dengan jaringan internet.

"Terlebih pada tahun 2020 semua sekolah sudah harus melaksanakan ujian online," katanya.

Oleh kaena itu, tutur Jamalul, sangat disayangkan jika sekolah yang berada di daerah pelosok harus pergi ke kota atau menumpang ke sekolah yang sudah mempunyai jaringan internet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet singkawang apjii

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top