Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bantu Penduduk Miskin Balikpapan, Program SLRT Digalakkan

Dinas Sosial Kota Balikpapan berperan penting dalam menurunkan angka kemiskinan di daerahnya. Penduduk tidak mampu menyusut dari 2,64 persen jadi 2,42 persen.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 22 Januari 2020  |  20:20 WIB
Ilustrasi warga miskin - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi warga miskin - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Dinas Sosial Kota Balikpapan berperan penting dalam menurunkan angka kemiskinan di daerahnya. Penduduk tidak mampu menyusut dari 2,64 persen jadi 2,42 persen.

Program pemerintah pusat yang diterapkan Balikpapan terbukti efektif. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Balikpapan Purnomo mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menyejahterakan rakyatnya. Tahun ini, ada satu program yang digalakkan.

"Kita punya program SLRT, sistem layanan rujukan terpadu. Itu jadi unggulan kita untuk dimaksimalkan," katanya saat dihubungi, Rabu (22/1/2020). 

Purnomo menjelaskan bahwa program yang baru berjalan setahun ini bertujuan untuk memudahkan warga tidak mampu mendapatkan layanan kesehatan.

Warga sakit bisa langsung ke pusat kesehatan sosial (puskessos) yang ada di setiap kelurahan. Setelah itu, petugas yang mengurus segala fasilitas pengobatan.

"Ini sedang kita galakkan. Meski tahun lalu sudah ada di 12 kelurahan percontohan, tahun ini mau kita bentuk semua di 34 kelurahan. Karena memang tergantung dari anggaran," jelasnya. 

Sementara itu, Kepala BPS Balikpapan Ahmad Zain mengatakan bahwa perekonomian yang membaik berakibat pada turunnya inflasi di Balikpapan.

Berdasarkan data BPS, inflasi pada 2019 turun hampir 2 persen dibanding tahun sebelumnya

"Karena inflasi Balikpapan hanya 1,88 persen saja. Jadi dibandingkan dengan tahun kemarin turun, tahun kemarin 3,13 peren," katanya. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan kemiskinan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top