Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KSOP Balikpapan Ingatkan Stok Pangan Bulan Ramadan

Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Balikpapan telah menetapkan zona karantina untuk mencegah wabah Covid-19 atau virus Corona.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  14:02 WIB
Kepala Bidang Keselamatan Berlayar dan Patroli Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan Capt Hasan Basri.
Kepala Bidang Keselamatan Berlayar dan Patroli Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan Capt Hasan Basri.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Balikpapan telah menetapkan zona karantina untuk mencegah wabah Covid-19 atau virus corona. Batas kapal masuk dan harus melalui pemeriksaan berjarak sekitar 10 mil dari pelabuhan.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar dan Patroli Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Balikpapan Capt Hasan Basri mengatakan bahwa prosedur tetap tata cara memasuki pelabuhan sesuai dengan surat keputusan yang diterbitkan 27 Februari lalu. Para kru kapal akan dikarantina untuk dipastikan apakah bebas Corona atau tidak.

“Setelah clear semua, mereka turun. Pandu memasukkan kapal ke pelabuhan dan menyandarkan,” katanya saat ditemui di ruangannya.

Hasan menjelaskan bahwa prosedur tersebut berlaku untuk semua negara. Khusus petugas kapal China, mereka tidak diberi izin berlabuh. Tujuannya menghindari penyebaran.

Tata cara hanya berlaku bagi kapal internasional. Yang domestik masih belum. KSOP masih menunggu arahan pusat. Apalagi ada dua warga Indonesia positif Corona.

Di luar dari itu semua, Hasan memperingatkan agar pemerintah Balikpapan menyiapkan langkah-langkah menjaga ketersediaan sembilan bahan pokok. April umat akan ada Bulan Ramadhan dan setelah itu lebaran.

“Di samping virus ini ada juga faktor ekonomi lain yang berdampak. Tentu ketahanan pangan harus dijaga. Jangan sampai Covid-19 berdampak pada ekonomi khususmya sembilan bahan pokok,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan Ramadan Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top