Geopark Meratus Bakal Diajukan Jadi UNESCO Global Geopark di 2022

Plt Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas ESDM Kalsel Ali Mustopa, menyatakan hal tersebut didasari oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Ahli Geologi di Pegunungan Meratus.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SAMARINDA –- Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mengajukan Geopark Meratus menjadi Geopark Internasional dan terdaftar di Unesco Global Geopark tahun 2022.

Plt Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Dinas ESDM Kalsel Ali Mustopa menyatakan hal tersebut didasari oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Ahli Geologi di Pegunungan Meratus.

“Bahwasanya Meratus ini mempunyai warisan yang bernilai tinggi khususnya batuan Ofiolit yang merupakan lantai samudera,” ujarnya yang dikutip, Rabu (13/10/2021).

Ali mengungkapkan bahwa terdapat beberapa persyaratan agar Geopark bisa masuk ke dalam daftar Unesco Global Geopark.

“Salah satunya memiliki warisan geologi dan bernilai Internasional seperti batuan Ofiolit yang dimiliki oleh Geopark Meratus serta flora dan fauna yang hidup di pegunungan meratus yang diakibatkan oleh pembentukan ini,” jelasnya.

Ali berharap, Geopark Meratus tersebut dapat masuk ke dalam daftar Internasional Unesco Global Geopark.

“Dan juga bagi masyarakat diharapkan dapat memahami tujuan pembentukan Geopark, nantinya kami akan membentuk komunitas pecinta Geopark yang diisi dari berbagai elemen untuk menerapkan program Unesco dan akhirnya menaikkan perekonomian masyarakat di sana,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, Pegunungan Meratus di masa lampau yaitu 180 hingga 200 juta tahun lalu merupakan dasar laut yang berada 6.000 meter di bawah permukaan laut, padahal saat ini Pegunungan Meratus berada di ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper