Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Masuk Mal Menggunakan Peduli Lindungi Mulai Diterapkan di Balikpapan

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyatakan hal tersebut merupakan bagian dari upaya penanganan Covid 19 sekaligus kebiasaan normal baru.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 26 November 2021  |  21:02 WIB
Masuk Mal Menggunakan Peduli Lindungi Mulai Diterapkan di Balikpapan
Launching Penerapan Aplikasi Peduli Lindungi di Plaza Balikpapan, Jumat (26/11 - 2021).
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA –- Pemerintah Kota Balikpapan mulai mewajibkan masyarakat yang akan berkunjung ke mal menggunakan aplikasi peduli lindungi.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyatakan hal tersebut merupakan bagian dari upaya penanganan Covid 19 sekaligus kebiasaan normal baru.

"Aplikasi peduli lindungi memang ini menjadi tanda tanya beberapa warga apakah Balikpapan sudah siap, saya pastikan sudah siap," ujarnya, Jumat (26/11/2021).

Rahmad menjelaskan indikator kesiapan Balikpapan dalam menerapkan peduli lindungi adalah hampir 95 persen warga kota Balikpapan sudah divaksin.

“Vaksinasi di Kota Balikpapan merupakan  tertinggi di Jawa dan Bali begitu juga di Kalimantan Timur (Kaltim). Atas nama pemerintah kota Balikpapan menyambut baik," katanya.

Dia mengungkapkan bahwa dengan adanya penerapan aplikasi peduli lindungi di mall, maka warga Balikpapan yang belum divaksin agar dapat melakukan vaksinasi.  "Niat yang baik kami sampaikan kepada masyarakat," terangnya.

Rahmad meminta masyarakat untuk terus menjaga protokol kesehatan (Prokes), meskipun sudah melakukan vaksinasi.

"Meski sudah divaksin sampai lima dosis tapi kalau kita tidak prokes, tidak menjamin (tertular) Covid," pungkasnya.

Sementara itu, General Manager Mall Plaza Balikpapan Aries Adriyanto menyebutkan terdapat 11 pintu masuk menuju mal Plaza Balikpapan yang memiliki masing-masing barcode.

Dia menuturkan bahwa pengunjung mal yang ingin masuk dapat membuka aplikasi peduli lindungi dan melakukan scan yang akan didampingi oleh security mall.

Apabila muncul tanda berwarna hijau, maka pengunjung tersebut sudah melakukan vaksin dua kali, tanda kuning artinya pengunjung baru melakukan vaksin satu kali. Sedangkan merah belum melakukan vaksinasi dan pengunjung pernah terpapar Covid-19 berwarna hitam.

“Pengunjung yang belum melakukan vaksinasi, dikarenakan ada penyakit bawaan maka harus membawa surat keterangan dokter, sehingga masih diijinkan masuk dan warna merah benar-benar ditolak," tuturnya.

Adapun, pengunjung dibawah usia 12 tahun tetap diperbolehkan dengan syarat didampingi oleh orangtuanya yang telah melakukan vaksinasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pedulilindungi
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Terpopuler

    Banner E-paper
    back to top To top