Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPI Unit Balikpapan Produksi SF-05 113.500 Barrel pada 2021

Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyatakan produk ini digunakan oleh Pertamina Group yaitu Pertamina EP, Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Pertamina Hulu Mahakam dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 14 Februari 2022  |  19:53 WIB
KPI Unit Balikpapan Produksi SF-05 113.500 Barrel pada 2021
Komplek HSC (Hydroskimming Complex) di salah satu Plant di RU V Balikpapan. - Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mencatatkan produksi Smooth Fluid 05 (SF-05) sebanyak 113,5 ribu barrel sepanjang tahun 2021.

Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin menyatakan produk ini digunakan oleh Pertamina Group yaitu Pertamina EP, Pertamina Hulu Sanga-Sanga, Pertamina Hulu Mahakam dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur.

"SF-05 merupakan salah satu produk Non BBM yang dihasilkan oleh RU Balikpapan. Produk ini juga hanya di produksi di RU Balikpapan. Tahun 2021, produksi SF-05 berhasil dicapai diatas target produksi tahun 2021," katanya, Senin (14/2).

Chandra mengungkapkan bahwa pencapaian produksi ini menjadi salah satu bukti produk unggulan KPI Unit Balikpapan semakin terpercaya sebagai salah satu material pendukung utama proses kegiatan hulu migas khususnya di kegiatan pengeboran.

Sebagai informasi, SF-05 merupakan cairan fluida yang digunakan dalam kegiatan pengeboran dari fraksi minyak yang diproduksi di RU Balikpapan sejak tahun 2007. SF-05 digunakan sebagai komponen dari oil base mud (lumpur pengeboran).

Cairan ini memiliki karakteristik khusus antara lain non-korosif dan kompatibel dengan peralatan pengeboran, mempunyai kestabilan yang baik dan tidak mudah teroksidasi dalam berbagai kondisi operasi.

Kemudian, mempunyai keamanan yang baik pada peralatan kerja, mempunyai keamanan yang baik di area lumpur, serta mempunyai kestabilan yang baik untuk penyimpanan jangka panjang.

"Keunggulan lain adalah ramah lingkungan karena memiliki kandungan aromatik rendah, aman digunakan, menghemat pemakaian aditif lainnya, kompatibel dengan berbagai kondisi pengeboran, harga kompetitif dan jaminan suplai yang baik," jelas Chandra.

Adapun, dia menuturkan bahwa selain terbukti handal dalam mendukung proses pengeboran, pemakaian produk SF-05 sebagai produk lokal dapat meningkatkan pemakaian produk dalam negeri terutama dalam industri migas.

"Keberadaan produk ini juga semakin menunjukkan sinergi Pertamina Group yang erat. Di Kalimantan, RU Balikpapan turut mendukung Pertamina Group yang bergerak di bidang hulu migas. Tentu saja kedekatan secara geografis juga menjadi salah satu kekuatan Pertamina," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina produksi minyak
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top