Wisatawan Berkunjung ke Kaltim Naik 300 Persen Saat Lebaran

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Restiawan Baihaqi menyatakan jumlah wisatawan meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan sebelum pandemi.
Sejumlah pengunjung bersantai bersama keluarga di Mahakam Lampion Garden, Kota Samarinda./Bisnis-Muhammad Mutawallie Syarawie
Sejumlah pengunjung bersantai bersama keluarga di Mahakam Lampion Garden, Kota Samarinda./Bisnis-Muhammad Mutawallie Syarawie

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencatat peningkatan pengunjung wisata di Kaltim hingga 300 persen selama libur lebaran.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Restiawan Baihaqi menyatakan jumlah wisatawan meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan sebelum pandemi.

"Seperti kota Balikpapan, terdapat 4 (empat) destinasi rekreasi yang paling ramai pengunjung yaitu pantai. Karena banyaknya fasilitas, contohnya Pantai Manggar, " ujarnya yang dikutip, Rabu (10/5/2022).

Dia memaparkan, total pengunjung destinasi wisata dari tanggal 2 Mei hingga 8 Mei terdapat 18.000 pengunjung, sedangkan jumlah pengunjung pada tahun 2019 tercatat kurang dari 10.000 orang.

Dia menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder terkait di tingkat Kabupaten/Kota untuk selalu menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sejak seminggu sebelum lebaran.

Berdasarkan data Dispar Kaltim, jumlah pengunjung destinasi wisata Ekowisata Bamboe Wanadeso di Kota Balikpapan mencapai 3.000 orang dan Lamin Etam Ambors di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak 10.000 orang.

Untuk Kota Samarinda, masyarakat yang berwisata ke Desa Pampang mencapai 2.800 orang dan Mahakam Lampion Garden dapat mencapai 6.000 pengunjung selama seminggu.

Kemudian, Wisata Bukit Hijau Kandolo di Kabupaten Kutai Timur mencapai 1.000 pengunjung dan Pantai Panrita Lopi di Kutai Kartanegara didatangi oleh 15.000 pengunjung.

Adapun, masyarakat yang berwisata ke Titik Nol IKN mencapai 2.900 pengunjung dari tanggal 2 - 8 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper