Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PMK di Sebagian Wilayah Kalbar Diklaim Telah Berhasil Teratasi

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalbar Muhammad Munsif mengatakan kesembuhan hewan yang terdampak PMK di Kalbar sudah mencapai 720 ekor dari 1496 kasus.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  13:40 WIB
PMK di Sebagian Wilayah Kalbar Diklaim Telah Berhasil Teratasi
Seorang dokter hewan menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada hewan ternak sapi perah di Cilembu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin (20/6/2022). ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi

Bisnis.com, BALIKPAPAN –- Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) mengklaim penyakit mulut dan kuku (PMK) di sebagian wilayah sudah teratasi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalbar Muhammad Munsif mengatakan kesembuhan hewan yang terdampak PMK di Kalbar sudah mencapai 720 ekor dari 1.496 kasus.

"Target pemberian dosis vaksin dan obat-obatan (vitamin) akan terus kita kejar untuk hewan kurban. Cuma bedanya vaksin diberikan kepada hewan yang sehat untuk pencegahan, namun sebaliknya obat-obatan akan diberikan kepada hewan yang terdampak PMK," ujarnya, dikutip Senin (4/7/2022).

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan menyatakan beberapa wilayah yang terkena wabah seperti Kabupaten Mempawah, Bengkayang dan Kubu Raya dapat teratasi melalui penanganan secara langsung tim kesehatan hewan.

"Kita melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar sudah mengantisipasi dengan memberikan vaksin dan pengobatan (vitamin) kepada hewan yang terdampak PMK," katanya.

Adapun, dia meminta  masyarakat yang akan melaksanakan Hari Raya Iduladha untuk berhati-hati dalam memilih hewan kurban dan harus mengetahui ciri-ciri hewan yang terpapar PMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top