Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Iduladha 1443 H, BPUI-PKT Salurkan 100 Sapi dan 29 Kambing Kurban

Iduladha dirayakan dengan memperbanyak rasa syukur, serta terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di tiap aktivitas.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 11 Juli 2022  |  19:43 WIB
Iduladha 1443 H, BPUI-PKT Salurkan 100 Sapi dan 29 Kambing Kurban
Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menyembelih 100 sapi dan 29 kambing pada perayaan Iduladha 1443 Hijriah. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Badan Pembinaan Umat Islam (BPUI) PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menyembelih 100 sapi dan 29 kambing pada perayaan Iduladha 1443 Hijriah. Para Muqorrib (pekurban) terdiri dari jajaran direksi, manajemen, karyawan bersama keluarga besar perusahaan, para jemaah serta masyarakat sekitar.

Penyembelihan diawali penyerahan hewan kurban jajaran Direksi PKT oleh SVP Sekretaris Perusahaan Teguh Ismartono kepada panitia kurban BPUI PKT di halaman parkir Masjid Baiturrahman, Minggu (10/7/2022).

Ketua Panitia Idul Adha BPUI PKT Dendik Lugianto mengatakan tahun ini bursa hewan kurban digelar secara offline selama tiga hari dengan menerapkan protokol kesehatan 6M, pada 7-9 Juli 2022. Selain itu, panitia juga membuka layanan pembelian hewan kurban via transfer bank untuk memberi kemudahan bagi Muqorrib tanpa harus datang tatap muka.

"Kami juga bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bidang Peternakan Kota Bontang untuk memastikan kesehatan hewan kurban, sekaligus bentuk pencegahan terhadap penyakit mulut dan kuku (PMK)," ujar Dendik.

Tahun ini penyaluran daging kurban menyasar 5.362 kepala keluarga di Kota Bontang, dengan proses pendistribusian melalui enam Masjid. Diantaranya Masjid Raya Baiturrahman, Al Furqon, Fathul Khoir, Al Mubarokah, Al Ikhlas dan Al Jabal. Para Mustahiq tersebar di Kelurahan Belimbing, Telihan, Kanaan, Loktuan, Guntung, Bontang Kuala, Gunung Elai dan Api-Api. Termasuk Pulau Gusung dan Sempayang, Kampung Sidrap, Jalan Pipa serta jalan poros Bontang-Sangatta.

Untuk menghindari tumpang tindih, sebagian pendistribusian daging kurban juga dilakukan melalui sejumlah masjid maupun lembaga di dalam dan luar Kota Bontang yang mengajukan permintaan kepada BPUI. “Para Mustahiq juga ditentukan melalui survei tim BPUI-PKT, untuk memastikan penyaluran tepat sasaran dan merata," tambah Dendik.

SVP Sekretaris Perusahaan PKT Teguh Ismartono mengatakan tahun ini jajaran Direksi PKT berkurban 2 sapi dan 2 kambing untuk didistribusikan bagi Mustahiq di Kota Bontang, sesuai sasaran yang telah ditentukan panitia BPUI-PKT. Dirinya pun mengapresiasi tingginya antusias karyawan PKT beserta keluarga yang berkurban pada Idul Adha tahun ini, dan menyebut hal ini sebagai bukti kepedulian serta kepekaan sosial karyawan dan keluarga besar PKT.

“Semoga kurban tahun ini menjadi berkah bagi karyawan PKT bersama keluarga, serta memberi manfaat bagi para Mustahiqi Kota Bontang,” kata Teguh.

Dirinya berpesan agar Iduladha dirayakan dengan memperbanyak rasa syukur, serta terus meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di tiap aktivitas. Iduladha sebagai momentum ibadah untuk saling berbagi kepada sesama, diharap bisa terus tertanam dan ditingkatkan insan PKT. Mengingat hakikat kurban merupakan salah satu upaya menumbuhkan kepekaan dan solidaritas antar manusia.

“Melalui kurban tahun ini, ketakwaan kita dapat semakin meningkat dan hubungan sesama manusia juga semakin baik. Seiring makin tingginya nilai kepedulian dan empati kepada sesama,” tutur Teguh.

Panitia Kurban Masjid Al Misbah Bontang Kuala Sanusi, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para Muqorrib PKT untuk pendistribusian daging kurban melalui pihaknya, dan memastikan amanah tersebut disalurkan sesuai sasaran penerima. Dikatakan Sanusi, PKT setiap tahun rutin menyalurkan bantuan daging kurban melalui Masjid Al Misbah Bontang Kuala, sehingga manfaat perusahaan makin dirasakan masyarakat secara merata di Kota Bontang.

“Tiap tahun PKT selalu memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyalurkan bantuan daging kurban bagi masyarakat. Kami sangat mengapresiasi kepercayaan PKT dan pastikan amanah para Muqorrib tersampaikan kepada Mustahiq yang ada di Kelurahan Bontang Kuala,” ucap Sanusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top