Employee Volunteering Program, Pupuk Kaltim Gelar Edukasi Konservasi Terumbu Karang bagi Pelajar Bontang

Pupuk Kaltim melalui Employee Volunteering Program menggelar Edukasi Konservasi Terumbu Karang (AKSI TERANG), bagi para pelajar SD hingga SMK di Kota Bontang.
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui Employee Volunteering Program menggelar Edukasi Konservasi Terumbu Karang (AKSI TERANG), bagi para pelajar tingkat SD hingga SMK di Kota Bontang./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui Employee Volunteering Program menggelar Edukasi Konservasi Terumbu Karang (AKSI TERANG), bagi para pelajar tingkat SD hingga SMK di Kota Bontang./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem perairan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui Employee Volunteering Program menggelar Edukasi Konservasi Terumbu Karang (AKSI TERANG) bagi para pelajar tingkat SD hingga SMK di Kota Bontang. Puncak kegiatan berlangsung di SD Negeri 001 Bontang Utara di Kelurahan Bontang Kuala, Senin (22/8/2022).

SVP Teknologi Pupuk Kaltim Heri Subagyo mengungkapkan kegiatan Aksi Terang telah berlangsung selama dua pekan, pada 9-22 Agustus 2022. Kegiatan menyasar para pelajar tingkat SD se-Kecamatan Bontang Utara, serta SMK Negeri 2 dan 4 Kota Bontang. Aksi Terang ini merupakan kesinambungan upaya Pupuk Kaltim pada program konservasi terumbu di perairan Bontang, yang telah berjalan sejak 2009 lalu, menggandeng kelompok masyarakat pesisir untuk mengoptimalkan upaya pelestarian ekosistem perairan.

“Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat khususnya generasi muda Bontang, untuk menumbuhkan kepedulian serta kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem perairan dan terumbu karang,” ujar Heri.

Aksi Terang ini melibatkan relawan dari karyawan Pupuk Kaltim didukung kelompok masyarakat binaan untuk memberikan edukasi terkait pentingnya terumbu karang sebagai salah satu ekosistem laut yang wajib dijaga kelestariannya. Hal ini juga salah satu upaya mengasah kepekaan sosial karyawan Pupuk Kaltim untuk memberi manfaat bagi masyarakat dengan turun langsung melakukan edukasi.

Dari program ini, kepedulian akan ekosistem terumbu karang dan perairan tak hanya ditekankan kepada masyarakat umum, tapi dimulai dari kesadaran diri seluruh karyawan Pupuk Kaltim untuk aksi nyata penyelamatan lingkungan yang difasilitasi pada Employee Volunteering Program.

“Adanya kesadaran bersama untuk lebih peduli terhadap ekosistem, diharap kesinambungan upaya menjaga eksositem perairan dan terumbu karang makin berjalan optimal di Kota Bontang,” tambah Heri.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui Employee Volunteering Program menggelar Edukasi Konservasi Terumbu Karang (AKSI TERANG), bagi para pelajar tingkat SD hingga SMK di Kota Bontang. /JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui Employee Volunteering Program menggelar Edukasi Konservasi Terumbu Karang (AKSI TERANG), bagi para pelajar tingkat SD hingga SMK di Kota Bontang. /JIBI-Istimewa

Wakil Wali Kota Bontang Najirah menyambut positif edukasi konservasi terumbu karang bagi generasi muda, yang digagas Pupuk Kaltim melalui Employee Volunteering Program. Menurut dia, hal ini menunjukkan semangat yang tinggi dari insan Pupuk Kaltim dalam menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan pesisir dan perairan, yang tak hanya diimplementasikan melalui program TJSL, tapi juga aksi nyata seluruh karyawan yang terlibat.

“Melalui kegiatan ini, generasi muda Bontang pun dapat lebih teredukasi akan pentingnya menjaga ekosistem laut dan terumbu karang, mengingat manfaatnya yang sangat besar sehingga bisa terus terjaga kedepannya,” ungkap Najirah.

Dirinya pun berharap generasi muda Bontang dapat ikut berperan dalam mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga terumbu karang, sehingga aktivitas penangkapan ikan tidak ramah lingkungan yang dapat merusak ekosistem perairan dan terumbu bisa terus ditekan.

"Atas nama Pemkot Bontang, kami ucapkan terima kasih atas kontribusi Pupuk Kaltim yang senantiasa peduli terhadap masyarakat dan lingkungan. Semoga dengan kegiatan ini, upaya penyelamatan lingkungan terus ditingkatkan dengan keterlibatan seluruh pihak," tutur Najirah.

Mewakili pelajar, siswa SMK Negeri 2 Bontang Indah Septia, menyebut kegiatan Aksi Terang Pupuk Kaltim memberikan manfaat dari sisi pengetahuan, seiring pemahaman yang didapatkan para peserta melalui materi yang diberikan. Kegiatan ini mendorong kesadaran remaja akan pentingnya menjaga terumbu karang, sekaligus menumbuhkan semangat untuk turut berpartisipasi secara aktif kedepannya.

"Dari edukasi yang diberikan, banyak ilmu baru yang kami dapat untuk diaplikasikan secara nyata kedepannya. Sebab kegiatan ini tak hanya berisi materi yang bersifat teori, tapi juga praktik secara menyenangkan," terang Indah.

Kepala SD Negeri 001 Bontang Utara Yani Astuti, turut mengapresiasi Employee Volunteering Program yang digagas Pupuk Kaltim dalam upaya menumbuhkan kesadaran anak akan pentingnya menjaga ekosistem perairan sejak usia dini. Menurut dia, edukasi yang diberikan melalui program ini sangat penting, agak anak didik dapat turut membudayakan diri menjaga kebersihan laut, sekaligus menumbuhkan kesadaran untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perairan.

"Kami menilai ini salah satu aksi nyata Pupuk Kaltim dalam mendukung dunia pendidikan di Kota Bontang, mengingat edukasi yang diberikan sangat penting untuk dibekali pada anak didik sejak dini. Kami harap kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkesinambungan," harap Yani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper