Dorong UMKM Bangkit dan Berdaya, Pesta Rakyat Bersama Pupuk Kaltim Fasilitasi Puluhan Pelaku Usaha Lokal

Kemeriahan pesta rakyat dan dendang kemerdekaan yang digelar PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) pada peringatan HUT ke-77 RI, tak hanya memberikan hiburan
PKT ikut melibatkan pelaku UMKM lokal dalam memeriahkan pesta rakyat dan dendang kemerdekaan pda peringatan HUT ke-71 RI di lapangan Denarhanud 002 Bontang, Sabtu (20/8/2022) (JIBI/Istimewa)
PKT ikut melibatkan pelaku UMKM lokal dalam memeriahkan pesta rakyat dan dendang kemerdekaan pda peringatan HUT ke-71 RI di lapangan Denarhanud 002 Bontang, Sabtu (20/8/2022) (JIBI/Istimewa)

Bisnis.com, BONTANG – Kemeriahan pesta rakyat dan dendang kemerdekaan yang digelar PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) pada peringatan HUT ke-77 RI, tak hanya memberikan hiburan tersendiri bagi ribuan masyarakat Bontang, tapi juga para pelaku UMKM lokal yang turut berpartisipasi mengisi kegiatan di lapangan Denarhanud 002 Bontang, Sabtu (20/8/2022).

Tercatat, sebanyak 70 lebih UMKM Bontang dari berbagai sektor seperti aneka makanan dan minuman, serta pedagang non makanan mulai ragam souvenir, baju, buku hingga arena bermain anak turut difasilitasi Pupuk Kaltim selama kegiatan berlangsung. Para pengunjung pun dimanjakan banyaknya pilihan menu, seperti jajanan tradisional hingga makanan dan minuman kekinian.

SVP Umum Pupuk Kaltim Ardi Harto Mulyo mengatakan keikutsertaan pelaku UMKM lokal pada puncak kegiatan 17-an Seru Bareng Pupuk Kaltim, sengaja difasilitasi untuk menumbuhkan kembali geliat UMKM di Kota Bontang sekaligus wujud kepedulian Pupuk Kaltim dalam mendorong pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi. Hal ini pun tampak dari ramainya kunjungan tiap booth UMKM yang berpartisipasi, sejak agenda gowes ceria yang berlangsung pada Sabtu pagi.

"Pupuk Kaltim sengaja mengikusertakan UMKM selama kegiatan berlangsung, agar turut memberikan manfaat bagi para pelaku usaha lokal untuk pemberdayaan ekonomi pasca pandemi. Bahkan sejak awal rangkaian kegiatan 17-an di Pupuk Kaltim, juga kami fasilitasi dengan baik," ujar Ardi.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengapresiasi dukungan Pupuk Kaltim bagi pelaku UMKM Bontang yang terus didorong agar makin maju dan berkembang. Hingga difasilitasi pada berbagai kegiatan, seperti dendang kemerdekaan pada rangkaian perayaan HUT ke-77 RI di lapangan Denarhanud 002 Bontang.

Menurut Najirah, hal ini menunjukkan komitmen Pupuk Kaltim terhadap peningkatkan ekonomi masyarakat yang selama dua tahun terakhir terimbas pandemi Covid-19, sehingga kedepan diharap dapat kembali tumbuh secara perlahan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang turut memfasilitasi pelaku UMKM selama rangkaian kegiatan HUT RI tahun ini. Dengan adanya kegiatan yang digelar, para pedagang dan pelaku UMKM bisa kembali berjualan sebagai upaya menggeliatkan kembali ekonomi masyarakat," ucap Najirah.

Dirinya pun berharap Pupuk Kaltim terus meningkatkan kontribusi sekaligus manfaat bagi masyarakat Bontang, khususnya dalam memajukan sektor UMKM dan ekonomi kreatif dengan berbagai pembinaan. Dari hal ini, diharap pembangunan hingga kesejahteraan masyarakat semakin terwujud melalui kolaborasi antara Pemerintah dan perusahaan.

"Semoga hal ini dapat terus ditingkatkan Pupuk Kaltim dalam mendorong kesejahteraan masyarakat, khususnya pengembangan UMKM Bontang agar lebih maju dan berdaya saing," kata Najirah.

Kamaluddin, salah satu pedagang yang berpartisipasi turut menyampaikan terima kasih telah difasilitasi Pupuk Kaltim, baik pada agenda Sunday Market maupun berbagai kegiatan perusahaan dengan masyarakat. Dikatakannya, hal ini menjadi salah satu sarana bagi pelaku UMKM untuk kembali tumbuh dan berkembang, karena usaha yang selama ini diandalkan sebagai penopang ekonomi keluarga bisa kembali bergulir seiring mulai normalnya aktivitas masyarakat.

"Kami harap Pupuk Kaltim dapat terus membina maupun memfasilitasi pelaku usaha kecil pada berbagai kegiatan, karena ini menjadi wadah bagi UMKM agar kembali berdaya setelah lama terimbas pandemi," harap Kamaluddin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler