Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siap Sukseskan Regsosek 2022, Pupuk Kaltim Dukung Percepatan Satu Data Indonesia

Pupuk Kaltim terus berupaya memenuhi kewajiban pelaporan kepada BPS, baik laporan yang bersifat bulanan, triwulan maupun tahunan.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 08 September 2022  |  17:09 WIB
Siap Sukseskan Regsosek 2022, Pupuk Kaltim Dukung Percepatan Satu Data Indonesia
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) siap mendukung percepatan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), yang akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang di lingkungan perusahaan. - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) siap mendukung percepatan Pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), yang akan dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bontang di lingkungan perusahaan. Hal ini disampaikan saat audiensi BPS Bontang bersama perwakilan perusahaan di Hotel Grand Equator, Selasa (6/9/2022).

VP Administrasi Korporasi Wirza Eka Putra mengungkapkan perusahaan menyambut terbuka pelaksanaan Regsosek di kawasan Pupuk Kaltim dan pemukiman karyawan agar data sosial ekonomi yang bersifat sektoral secara terintegrasi dan akurat untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah, mampu terwujud dengan baik di Kota Bontang.

"Hal ini salah satu bentuk ketaatan Pupuk Kaltim terhadap Undang-undang dan Peraturan Pemerintah, sehingga Regsosek sebagai reformasi program satu data untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial mampu berjalan secara maksimal di Kota Bontang," terang Wirza.

Dirinya menyebut, sejauh ini Pupuk Kaltim terus berupaya memenuhi kewajiban pelaporan kepada BPS, baik laporan yang bersifat bulanan, triwulan maupun tahunan. Dari hal tersebut, Pupuk Kaltim pun berhasil mendapat penghargaan Responden Kooperatif dari BPS Provinsi Kaltim, sebagai bentuk apresiasi bagi perusahaan yang telah mendukung pengumpulan data statistik secara benar dan konsisten.

Beberapa pelaporan bulanan yang telah diselesaikan Pupuk Kaltim yakni pelaporan Industri Besar Sedang (IBS) dan pelaporan Harga Produsen (HP). Lalu untuk pelaporan triwulan, dilaksanakan perusahaan melalui Inventaris Data Sektoral. Sedangkan pelaporan tahunan, Pupuk Kaltim saat ini tengah melakukan sejumlah survei untuk kebutuhan data. Di antaranya Survei Industri Manufaktur 2020 – 2021, Survei Captive Power 2021, Survei Tumbuhan dan Satwa Liar 2021, serta Survei Matrik Arus Komoditas.

"Seluruh kegiatan survei tahunan ini masih dalam proses penyelesaian di Pupuk Kaltim, yang selanjutnya akan kami laporkan ke BPS untuk kesinambungan data bagi Pemerintah," tambah Wirza.

Kepala BPS Bontang Widiyantono, mengapresiasi dukungan Pupuk Kaltim atas jalinan sinergi dan kerjasama yang selama ini terjalin, khususnya dalam mendukung penyediaan data bagi BPS secara berkala. Begitu pula dengan regsosek yang akan dilaksanakan, merupakan salah satu survei super prioritas dari pemerintah sesuai Perpres nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. 

Pelaksanaan regsosek menitikberatkan pada profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan, serta basis data lainnya hingga tingkat Desa atau Kelurahan. Regsosek akan berjalan serentak di seluruh Indonesia untuk melakukan pendataan langsung ke penduduk, termasuk di kawasan pemukiman karyawan Pupuk Kaltim.

"Untuk itu kami sangat mengapresiasi dukungan Pupuk Kaltim dalam mensukseskan Regsosek ini. Tim BPS Bontang siap bekerjasama serta menaati prosedur di kawasan perusahaan dan pemukiman karyawan selama teknis kegiatan berlangsung," ujar Widiyantono.

Dirinya menambahkan, penyampaian data berkala dari Pupuk Kaltim sangat penting bagi BPS untuk mengetahui secara konkret kondisi perusahaan, mengingat sektor industri merupakan salah satu penentu naik turunnya pertumbuhan ekonomi di Kota Bontang. Hal ini juga diterapkan ke seluruh perusahaan yang ada, guna memperbarui direktori secara akurat sesuai kondisi terbaru di lapangan.

"Dari sinergi dan kerja sama yang selama ini terjalin, diharap penyediaan basis data yang akurat dan terpercaya dapat terus terlaksana secara optimal di Kota Bontang," kata Widiyantono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top