Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Usung Inovasi Remote Ampere Adjuster, Tim I-Weld Pupuk Kaltim Juara Dua Kategori PI Competent PIQI 2022

Tim I-Weld merupakan satu dari dua tim Pupuk Kaltim yang mewakili kategori Competent dengan inovasi remote ampere adjuster mesin las listrik.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 13 September 2022  |  10:36 WIB
Usung Inovasi Remote Ampere Adjuster, Tim I-Weld Pupuk Kaltim Juara Dua Kategori PI Competent PIQI 2022
Tim Inovasi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) I-Weld meraih juara kedua pada ajang Pupuk Indonesia Quality Improvement (PIQI) 2022 untuk kategori PI Competent yang berlangsung di Pupuk Kujang Cikampek pada 5-8 September 2022. - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG--Tim Inovasi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) I-Weld meraih juara kedua pada ajang Pupuk Indonesia Quality Improvement (PIQI) 2022 untuk kategori PI Competent yang berlangsung di Pupuk Kujang Cikampek pada 5-8 September 2022.

PIQI 2022 merupakan konvensi dan kompetisi inovasi di lingkungan Pupuk Indonesia Grup yang terbagi dalam tiga kategori, yakni Agile, Competent dan Care. Tim I-Weld merupakan satu dari dua tim Pupuk Kaltim yang mewakili kategori Competent dengan inovasi remote ampere adjuster mesin las listrik.

"Tahun ini Pupuk Kaltim mengirim 5 gugus inovasi, terdiri dari dua tim untuk kategori Agile, dua tim kategori Competent dan satu tim kategori Care," ujar VP Inbangmen Pupuk Kaltim Dian Wahyu Pratama.

Dijelaskannya, ajang PIQI sebagai upaya memperkuat budaya inovasi sekaligus mendukung program transformasi bisnis di lingkungan Pupuk Indonesia Grup, melalui karya inovatif yang mampu memberi nilai dan dampak siginifikan terhadap kemajuan perusahaan. Dari karya inovatif yang dihasilkan, pun diharap semakin mendorong efektivitas proses, efisiensi biaya dan kinerja perusahaan dalam meningkatkan daya saing.

"Khusus di internal Pupuk Kaltim, budaya inovasi ini terus digencarkan setiap tahun melalui ajang rutin internal, Pupuk Kaltim Innovation Award bagi seluruh unit kerja perusahaan. Hasil inovasi terbaik di kompetisi inilah yang kemudian kami berikan kesempatan untuk berkompetisi ke panggung konvensi yang lebih tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional" tandas Dian Wahyu.

Dirinya berharap prestasi yang berhasil diraih gugus I-Weld pada PIQI 2022, semakin memotivasi dan menginspirasi semangat bagi seluruh tim serta pegiat Inovasi Pupuk Kaltim, sehingga mampu melahirkan berbagai ide kreatif dalam mendorong peningkatan kinerja perusahaan. Begitu pula dengan keberhasilan yang telah diraih, prestasi ini akan menjadi pijakan bagi gugus I-Weld untuk menjadi semakin paripurna dalam meningkatkan produktivitas Pupuk Kaltim kedepan.

"Semoga langkah pertama gugus I-Weld di panggung inovasi PIQI akan menginspirasi seluruh elemen perusahaan, untuk terus berbuat yang terbaik demi kemajuan Pupuk Kaltim," tambah Dian Wahyu.

Ketua Tim I-Weld Brilliyans Cahragil, menambahkan bahwa inovasi remote ampere adjuster untuk mesin las listrik digagas untuk mempercepat pekerjaan pengelasan di ketinggian, confined space dan lokasi yang sulit dijangkau. Inovasi ini memiliki potensi penghematan sekaligus mempercepat proses start up pabrik dengan total potensi mencapai Rp570,2 juta untuk setiap pemakaian.

"Selain potensi penghematan itu, yang kami tekankan, inovasi ini mampu menekan risiko over ampere saat adjust oleh welder yang selain dapat merusak peralatan di pabrik, juga berpotensi membahayakan pengguna" terang Brilliyans.

Dirinya menyebut keikutsertaan pada PIQI 2022 ini menjadi pengalaman berharga untuk peningkatan kapasitas diri, dengan saling dukung serta bertukar informasi dan pengetahuan terkait inovasi di masing-masing perusahaan yang ada di lingkungan Pupuk Indonesia Grup. Dari ajang ini diharap budaya inovasi di internal Pupuk Kaltim pun akan semakin menguat dan terus berkembang, sehingga kedepan semakin berdampak positif terhadap kemajuan perusahaan.

"Kami memandang capaian kami dan kesempatan kompetisi di PIQI 2022 ini sebagai salah satu implementasi budaya kolaboratif yang baik antar insan PI Grup, dan diharap semakin ditingkatkan lagi kedepannya. Sebab dari ajang ini kami juga bisa bertukar pikiran dengan perusahaan lain terkait inovasi yang dikembangkan," tambah Brilliyans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top