Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Potret Mobil Listrik Hingga Peluang Kemitraan SPKLU di Balikpapan, Ini Kata PLN

Manager PLN Unit Pelayanan Pelanggan Balikpapan Eko Hadi Pranoto menyatakan akan semakin banyak pilihan produk kendaraan listrik pada tahun-tahun mendatang.
SPKLU PLN. /Kementerian BUMN
SPKLU PLN. /Kementerian BUMN

Bisnis.com, BALIKPAPAN — PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyebutkan keberadaan kendaraan listrik di tahun mendatang akan semakin meningkat di Kota Balikpapan sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Balikpapan Eko Hadi Pranoto menyatakan akan semakin banyak pilihan produk kendaraan listrik pada tahun-tahun mendatang.

Sebagai gambaran pada saat ini di Balikpapan, sudah mulai banyak kendaraan listrik melintas di Kota Balikpapan,” ujarnya dalam keterangan yang diterima Bisnis, Senin (12/12/2022).

Dia melanjutkan, PLN sangat berkomitmen terhadap upaya konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik dengan menyediakan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) guna menunjang kendaraan listrik di Kota Balikpapan.

Berdasarkan data PLN, saat ini baru terdapat dua SPKLU yang di Kota Balikpapan yaitu di Halaman Kantor PLN UID Kaltimra dan di Halaman Parkir Plaza Balikpapan.  

Bahkan di titik nol IKN dan Bendungan IKN sudah kami pasang SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum),” terang Eko.

Dia mengungkapkan bahwa PLN secara bertahap sudah menggunakan motor listrik maupun mobil listrik untuk kegiatan operasional.  

Sebagaimana diketahui, terdapat satu unit mobil listrik dan tujuh unit motor listrik yang menunjang kegiatan operasional PLN UP3 Balikpapan.

Kendati demikian, saat ini PLN belum memberikan layanan berupa charging mobile untuk membantu kendaraan listrik yang kehabisan baterai di tengah perjalanan.

Tetapi dengan adanya pola kemitraan, dapat mengakselerasi penambahan SPKLU untuk memberikan kepercayaan atau menghilangkan kekhawatiran pengguna kendaraan listrik untuk melakukan pengisian ulang,” sebutnya.

Adapun, Eko menuturkan bahwa kerja sama dengan berbagai pihak saat ini sangat diperlukan dalam membangun infrastruktur pengisian ulang kendaraan listrik.

“Serta membuka peluang bisnis yang lebih besar dan lebih mudah melalui skema bisnis ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, jika calon mitra tertarik dengan bisnis SPKLU dapat mendaftarkan diri pada Website dan mengisi beberapa data pada formulir pendaftaran.  

Website Partnership SPKLU IO2 dapat diakses melalui https://layanan.pln.co.id/mitra-bisnis-spklu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper