Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sering Ada Kebocoran, PDAM Balikpapan Bakal Ganti Pipa Transmisi

Pipa-pipa yang ada di kilo 12, kilo 8, dan pipa damai adalah pipa yang berasal dari tahun 80-an yang seharusnya diperbaiki bahkan diganti.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 11 Januari 2023  |  13:44 WIB
Sering Ada Kebocoran, PDAM Balikpapan Bakal Ganti Pipa Transmisi
Ilustrasi instalasi pengolahan PDAM. - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Perumda Tirta Manuntung (PDAM) Balikpapan berencana akan melakukan penggantian pipa transmisi secara bertahap untuk tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Perumda Tirta Manuntung (PDAM) Balikpapan Agus Budi Prasetyo, menyatakan pipa-pipa yang ada di kilo 12, kilo 8, dan pipa damai adalah pipa yang berasal dari puluhan tahun lalu yang seharusnya diperbaiki bahkan diganti.

"Secara prinsip, Pak Wali setuju ada penggantian pipa dan PDAM mengupayakan itu secara bertahap tahun ini. Karena bagaimanapun upaya kita jika tidak ada penggantian, maka sumber air baku yang harus dimasukkan ke pabrik jadi tidak optimal," ujarnya kepada awak media, Rabu (11/1/2023).

Dia menambahkan, pipa transmisi dari kilo 12 ke kilo 8 akan dinaikkan diameternya dari 600 mm menjadi 800 mm dan terbentang sejauh 4 kilometer. Proyek ini akan dilaksanakan tahun ini dengan total anggaran Rp60 miliar.

"Kan kalau sudah lancar, bahan baku banyak sehingga suplai ke masyarakat lebih optimal," katanya.

Dia menyebutkan bahwa tahun ini sebagian dari penggantian pipa akan dilaksanakan. "Kondisi pipa sejak 10 tahun lalu seharusnya sudah diganti. Karena kalau bocor terus kita jadi capek, misal di sini diperbaiki disana bocor, pipanya memang harus diganti," tegasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas suplai air baku ke masyarakat Kota Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdam kaltim balikpapan
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top