Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Pembangunan Musala SD 2 Muhammadiyah Bontang

Bantuan ini kesinambungan dukungan Pupuk Kaltim terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kota Bontang
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) salurkan bantuan pembangunan Musala Darul Ilmi Sekolah Kreatif SD 2 Muhammadiyah Bontang, senilai Rp 150 Juta, Kamis (2/3/2023)./JIBI-Istimewa
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) salurkan bantuan pembangunan Musala Darul Ilmi Sekolah Kreatif SD 2 Muhammadiyah Bontang, senilai Rp 150 Juta, Kamis (2/3/2023)./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Dukung peningkatan fasilitas pendidikan dan keagamaan dalam mendorong terbentuknya generasi unggul di Kota Bontang, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) salurkan bantuan pembangunan Musala Darul Ilmi Sekolah Kreatif SD 2 Muhammadiyah Bontang, senilai Rp 150 Juta. Bantuan diserahkan VP TJSL Pupuk Kaltim Sugeng Suedi kepada perwakilan sekolah, Kamis (2/3/2023).

Sugeng mengungkapkan bantuan ini kesinambungan dukungan Pupuk Kaltim terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kota Bontang, melalui penyediaan fasilitas pendukung pembelajaran bagi anak didik khususnya di bidang keagamaan. Dimana pendidikan merupakan salah satu fokus utama sasaran TJSL Pupuk Kaltim, disamping dukungan terhadap pengembangan UMKM dan lingkungan. Hal ini juga wujud implementasi UU Nomor 19 Tahun 2003, tentang tugas BUMN sebagai agen pembangunan.

"Dengan bantuan ini diharap pembangunan Musala Darul Ilmi di SD Kreatif Muhammadiyah bisa berjalan sesuai rencana, agar bisa difungsikan untuk kepentingan pendidikan sekaligus pembentukan karakter anak," ujar Sugeng.

Mengingat status sekolah sebagai boarding school, maka fasilitas keagamaan seperti Musala sangat dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran dan pembentukan karakter siswa, sehingga kedepan mampu terwujud generasi penerus yang berakhlak dan berbudi pekerti sesuai tuntunan keislaman. Disamping juga berprestasi di bidang akademik, dalam upaya peningkatan daya saing serta kualitas sumber daya manusia di Kota Bontang.

"Pupuk Kaltim akan terus berupaya maksimal memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas pendidikan maupun sarana prasarana penunjang, sehingga kualitas pendidikan makin meningkat guna mencetak generasi penerus yang unggul dan berdaya saing di Kota Bontang," tambah Sugeng.

Ketua Panitia Pembangunan Musala SD 2 Muhammadiyah Bontang Respati Utono, menyampaikan terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim dalam percepatan pembangunan Musala Darul Ilmi, yang sangat dibutuhkan untuk mendukung pendidikan anak sejak usia dini. Dikatakannya, sejauh ini anak didik di SD 2 Muhammadiyah hanya mengandalkan lobi kosong di area sekolah maupun Masjid terdekat untuk proses pembelajaran keislaman, seperti Salat Dhuha jelang proses belajar mengajar setiap hari.

"Makanya pihak sekolah berupaya membangun Musala bagi anak didik, dengan memanfaatkan lahan yang ada seluas 400 meter persegi. Alhamdulillah dengan bantuan Pupuk Kaltim, proses pembangunan Musala bisa terus berlanjut, dari saat ini telah memasuki tahap pemancangan dan pengecoran pondasi," terang Respati Utono.

Dirinya memastikan bantuan Pupuk Kaltim digunakan sepenuhnya untuk pembangunan Musala, sebagai wujud amanah yang dipercayakan perusahaan kepada pihak sekolah, agar kualitas pendidikan anak di SD 2 Muhammadiyah Bontang makin meningkat yang dibarengi sarana prasarana secara memadai. "Ini adalah amanah yang harus kami jalankan dengan baik, khususnya bagi pendidikan anak Bontang yang bersekolah di SD 2 Muhammadiyah," tandas Respati Utono.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bontang Mustamar, turut menyampaikan apresiasi atas kepedulian Pupuk Kaltim yang senantiasa mendukung peningkatan kualitas pendidikan anak dibawah payung amal bakti Muhammadiyah. Dirinya menekankan jika kebutuhan Musala cukup krusial, mengingat banyaknya anak didik yang butuh fasilitas untuk pembelajaran di bidang keagamaan secara intensif. Sebab Musala Darul Ilmi yang dikonsep dua lantai tersebut, tidak hanya diperuntukkan bagi siswa SD tapi juga SMP Muda Muhammadiyah yang saat ini juga tengah dalam proses pembangunan.

"Jadi nanti bisa diintegrasikan untuk kebutuhan pendidikan siswa SD dan SMP, makanya keberadaan Musala sangat penting untuk menunjang pendidikan anak dari saat ini masih mengandalkan ruang kelas dan lobi sekolah. Terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim yang terus berkontribusi mendukung lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kota Bontang," ucap Mustamar.

Dirinya berharap sinergi yang terjalin antara Pupuk Kaltim dan Muhammadiyah dapat terus berjalan berkesinambungan, sehingga penguatan dakwah keislaman maupun pendidikan anak semakin terwujud melalui manfaat perusahaan bagi masyarakat, khususnya di Kota Bontang. "Semoga Pupuk Kaltim terus berperan dalam mendorong pendidikan yang layak bagi anak di Kota Bontang, dan senantiasa menebar manfaat di berbagai bidang sebagai bentuk kontribusi bagi masyarakat," harap Mustamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler