Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Kembangkan Pisang untuk Pasar Ekspor

Pada 2024 menjadi momen penting terjalinnya kontrak kerja sama antara pemerintah dan petani lokal, serta kerja sama bisnis dengan mitra di Eropa untuk pisang.
Ilustrasi buah pisang untuk ekspor./Reuters
Ilustrasi buah pisang untuk ekspor./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) giat memacu pengembangan produksi pisang sebagai strategi untuk memperkuat posisinya di pasar global.

Siti Farisyah Yana, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispan TPH) Kaltim, menyatakan optimisme terkait prospek cerah komoditas hortikultura ini, terutama dalam skala ekspor.

"Kami melihat antusiasme luar biasa dari pasar internasional terhadap pisang, jadi kami sedang berusaha untuk meningkatkan produksi dan pengembangannya," ujar Siti Farisyah Yana pada Senin (19/2/2024).

Di Kaltim, pada 2024 menjadi momen penting dengan terjalinnya sejumlah kontrak kerjasama antara pemerintah dan petani lokal, serta kerjasama bisnis dengan mitra di Eropa.

Yana menegaskan peran Dispan TPH Kaltim sebagai fasilitator dalam transaksi ini, dengan harapan bahwa kerjasama ini akan terus berkembang, termasuk rencana ekspansi ke pasar Korea.

Fokus utama pengembangan sentra kawasan pisang terletak di Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Berau, dan Paser, dengan Kutai Timur menjadi model percontohan berkat panen yang luas dan produktivitas tinggi.

Pada tahun 2021, Kaltim berhasil mengekspor 1.265 ton pisang ke negara-negara seperti Malaysia, Taiwan, Kanada, dan Yunani, sementara kebutuhan domestik mencapai 30 ton per hari. Keberhasilan ini juga menarik minat dari daerah lain, seperti Sulawesi Selatan, yang telah membeli 2 juta bibit benih pisang dari Kaltim.

Dengan langkah-langkah strategis ini, Kaltim berharap dapat meningkatkan kontribusi sektor hortikultura, khususnya dalam industri pisang, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperkuat posisi di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper