9 Tersangka Penghalang Proyek Bandara VVIP IKN Dibebaskan

Tersangka yang diduga menghalangi proyek pembangunan Bandara VVIP IKN di Kelurahan Gersik, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akhirnya dibebaskan
Foto: Pembebasan tersangka pembangunan proyek IKN
Foto: Pembebasan tersangka pembangunan proyek IKN

Bisnis.com, KALIMANTAN - Setelah beberapa hari ditahan di Polda Kalimantan Timur (Kaltim), 9 tersangka yang diduga menghalangi proyek pembangunan Bandara VVIP Ibukota Nusantara (IKN) di Kelurahan Gersik, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akhirnya dibebaskan.

Pembebasan kesembilan tersangka ini dilakukan atas permohonan langsung Penjabat (PJ) Bupati PPU, Makmur Marbun melalui surat tertulis kepada Polda Kaltim baru-baru ini.

Pembebasan ini diumumkan dalam rapat koordinasi yang dihadiri oleh tim Reforma Agraria, masyarakat, dan pihak terkait lainnya pada Jumat malam (1/3/2024) di lokasi pembangunan Bandara VVIP.

"Hari ini, berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan tim, atas alasan kemanusiaan menjelang bulan suci Ramadhan, Bupati PPU mengusulkan penangguhan penahanan kepada tersangka. Sebagai jaminan, Pj Bupati PPU telah membuat surat tertulis kepada Polda Kaltim," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setkab PPU, Hendro Susilo, Sabtu (2/3/2024).

Dengan penangguhan penahanan ini, Pj Bupati PPU Makmur Marbun berharap agar permasalahan semacam ini tidak terulang di masyarakat, khususnya di lokasi pembangunan bandara VVIP. Dia menekankan pentingnya menyampaikan permasalahan sesuai aturan yang berlaku.

"Harapannya, masyarakat akan berbalas budi kepada bupati dengan tidak menciptakan masalah yang dapat mengganggu proses pembangunan bandara VVIP. Ini adalah upaya dan perjuangan dari bupati, dan minimal masyarakat dapat memberikan dukungan dengan tidak menciptakan masalah," tambahnya.

Hendro menambahkan bahwa pihak kepolisian, khususnya Polres PPU, telah menjalankan tugasnya dengan melakukan pencegahan, penyuluhan, dan tindakan penindakan sesuai prosedur.

"Terkait penangguhan ini, Kejaksaan Negeri PPU menjelaskan bahwa proses hukum tetap berjalan dan yang bersangkutan hanya menjalani tahanan luar. Diharapkan, mereka dapat berkelakuan baik selama masa tahanan luar tersebut," ungkap Hendro.

"Malam ini, ke-9 tersangka langsung diantar oleh pihak Polda Kaltim ke Bandara VVIP, dijemput oleh keluarga tersangka dan disaksikan langsung oleh Pj Bupati PPU beserta jajarannya," tutup Hendro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler