Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Banjarmasin Gelontorkan Anggaran Untuk BUMD Rp76,8 Miliar

Pemkot Banjarmasin menggelontorkan anggaran senilai Rp76,8 miliar untuk penyertaan modal bagi perusahaan daerah pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANJARMASIN—Pemkot Banjarmasin menggelontorkan anggaran senilai Rp76,8 miliar untuk penyertaan modal bagi perusahaan daerah pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali mengatakan penyertaan modal itu ditujukan untuk dua perusahaan milik daerah yakni untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih dan Perusahaan Daerah Pengelolaan Air Limbah (PD PAL).

“Ya, ada alokasi penyertaan modal di APBD 2016 sebesar Rp76,8 miliar, untuk PDAM dan PD PAL,” katanya, Minggu (20/12/2015).

Pengalokasian anggaran untuk penyertaan modal bagi perusahaan milik daerah ini meningkat dari tahun ini sekitar 3,99% atau Rp73,9 miliar.

Dia mengutarakan fokus alokasi penyertaan terbesar Rp70 miliar untuk PDAM yang tahun ini merencanakan programnya membangun embung atau lumbung air baku di daerah Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, untuk mengantisipasi krisis air saat musim kemarau.

"Jadi penyertaan modal untuk pembangunan embung ini dilakukan Pemkot secara bertahap sangat beralasan bagi kemaslahatan semua," ujarnya.

Demikian pula penyertaan modal bagi PD PAL tahun akan datang sebesar Rp6,8 miliar, ini dilakukan untuk memperluas jaringan pembuangan air limbah untuk bisa dikelola dengan baik.

"Program ini kan untuk meminimalisir pencemaran pada air sungai dan tanah daerah kita, sebab imbasnya menjaga kesehatan masyarakat," tuturnya.

Dia menjelaskan, tambahan penyertaan modal sebagai kebijakan pengeluaran pembiayaan dialokasikan guna menganggarkan pengeluaran daerah yang bersifat belanja, seperti pembayaran utang pokok, pembentukan dana cadangan dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler