Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TPKAD Perkuat Keuangan Daerah di Pulau Terluar

Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) intensif mendorong lembaga perbankan menggerakkan perekonomian melalui kemudahan akses keuangan bagi masyarakat.
Ilustrasi/JIBI-Abdullah Azzam
Ilustrasi/JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) intensif mendorong lembaga perbankan menggerakkan perekonomian melalui kemudahan akses keuangan bagi masyarakat.

Ketua Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Ichwansyah mengatakan pihaknya intensif mendorong lembaga perbankan berperan maksimal di kawasan-kawasan yang sulit diakses masyarakat.

“Kabupaten Berau dengan gugusan kepulauannya sangat potensial dalam pertumbuhan ekonomi daerah, sehingga kami merasa perlu mendorong lembaga perbankan untuk masuk dan memberikan akses kemudahan pelayanan keuangan bagi masyarakat,” ujarnya, Jumat (16/12/2016).

Ichwansyah menuturkan salah satu sektor usaha yang tidak pernah tergerus inflasi dan gejolak ekonomi global yakni sektor riil atau usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sebab, UMKM berhubungan dan bersentuhan langsung dengan kebutuhan dan kehidupan masyarakat, sehingga sektor ini hampir menguasai 70% perekonomian.

“Karenanya, TPAKD terus mendorong pengembangan sektor riil sebab sangat prospektif dalam percepatan akses keuangan  masyarakat di  daerah seperti Maratua ini,” kata Ichwansyah.

Terlebih lagi, Maratua walaupun daerah terluar namun pertumbuhan ekonomi sangat tinggi didukung potensi kelautan dan perikanan serta pariwisata dibuktikan dengan keberadaan 23 UMKM.

Mendukung pengembangan sektor riil di daerah, Pemprov Kaltim melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) telah menyalurkan dana permodalan melalui kredit perbankan.

Dikenal kredit empat sejahtera (4S) terdiri Kredit Ternak Sejahtera, Kredit Perikanan Sejahtera, Kredit Pangan Sejahtera dan Kredit Sawit Sejahtera.

Maratua, lanjutnya, sangat potensial untuk pengembangan kegiatan kelautan dan perikanan serta pariwisata maka dapat dibantu akses permodalan melalui Kredit Perikanan Sejahtera.

“Kawasan ini dalam percepatan akses keuangan daerah melalui BPD Kaltim kita dorong untuk pengembangan kegiatan kelautan dan perikanan termasuk usaha UMKM terkait kepariwisataan,” ucap Ichwansyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper