Pelabuhan Semayang Jamin Layanan Penuh Selama Mudik

Oleh: Nadya Kurnia 13 Juni 2017 | 18:01 WIB
Ratusan pemudik masih memadati Pelabuhan Semayang sampai dengan Minggu 10 Juli 2016 meskipun Lebaran telah lewat./JIBI - Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN--PT Pelindo (Persero) IV Cabang Balikpapan menjamin gedung terminal baru Pelabuhan Semayang dapat dimanfaatkan secara optimal selama arus mudik lebaran tahun ini.

Gedung terminal yang mulai direnovasi total sejak tahun lalu itu kini telah mencapai 85% dari tahap keseluruhan pembangunan. Sisa pekerjaan yang masih harus ditempuh hanyalah finishing gedung, seperti pemasangan kaca, penyejuk ruangan, dan lain-lain.

"Sejak tanggal 10 kemarin sebenarnya sudah mulai beroperasi, tapi akan kami optimalkan nanti lima hari sebelum lebaran," jelas General Manager PT Pelindo IV Balikpapan Baharuddin, Selasa (13/6/2017).

Daya tampung gedung kini bertambah, semula yang hanya cukup untuk 2.500 orang, kini menjadi 3.200 orang. Perseroan membangun terminal menjadi gedung bertingkat.

Desain eksterior terminal juga dirombak ulang dengan tema futuristik. Sebelumnya, terminal tersebut tampak seperti gedung tua.

Menteri Perhubungan yang saat itu masih dijabat Ignasius Jonan, berkomentar bahwa terminal Pelabuhan Semayang terlihat seperti gedung bioskop tua.

"Lantai atas sudah lebih dulu selesai, sekarang tinggal pemasangan AC dan kaca. Untuk sementara kami pasang kipas angin, tapi selambat-lambatnya H-7 sudah terpasang," sambung Baharuddin.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, perseroan akan menyediakan tenda di halaman gedung seperti tahun-tahun sebelumnya. Tenda akan dipasang mulai delapan hari sebelum lebaran.

 

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer