Dongkrak Wisata Kaltim, AP1 Diskon 50% Tarif Parkir Pesawat Rute Baru

Oleh: Fariz Fadhillah 12 Maret 2018 | 20:03 WIB
Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan, Balikpapan, Kaltim./Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Pengelola Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan siap mendukung upaya pemerintah provinsi Kaltim meningkatkan kunjungan wisatawan, salah satunya dengan memberikan potongan tarif parkir sampai 50% untuk setiap ketentuan yang terbuka rute di Apron bandara selama 6 bulan.

"Itu sebagai daya tarik agar mau membuka rute baru sekaligus untuk mengurangi biaya Airline Alhamdulillah ada ini," ungkap General Manager AP I SAMS Balikpapan Handy Heryuditiawan, Senin (12/3).

Wacana ini diungkapnya dalam diskusi Pengembangan Tujuan Kolaboratif 2018 di Balikpapan bertema Meninggikan Kalimantan Timur Sebagai Tujuan Wisata Eco, di Hotel Platinum Balikpapan. Pemangku kepentingan hadir, Staf Ahli Kemenangan Pariwisata Judi Rifajantoro, Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Syafruddin Pernyata, Pemasaran Penerbangan AP I Saugi Shahab, Ketua ASITA Kaltim Sarifuddin Tangalindo, Kepala Dinas Perwakilan Kota, Kadin Balikpapan, dan stakeholder lain.

Meminjam data AP 1, tercatat tersedia sebanyak 53 fasilitas parkir stand pesawat dan hangar, dengan 23 rute penerbangan, 12 Airlines berjadwal dan 7 flight charter. Dalam sehari total ada 180 take off / landing pesawat di bandara berpenumpang 5-15 juta orang per tahun itu.

Partai AP 1 ada kecenderungan naik mencapai 14 -15 persen jumlah kunjungan wisatawan ke Kalimantan Timur dan Kaltara pada 2018. Seperti sekarang baru sekitar 9 persen atau 900 ribu dari total 7,4 juta penumpang di Bandara SAMS yang datang Kaltim untuk berwisata.

"Walau cukup menantang, kami optimis bisa tercapai jika akses menuju ke daerah tujuan wisata bagi di daerah Kalimantan dibuka," tuturnya.

Pihaknya terjaga sampai pertengahan 2018 ada 26 rute penerbangan baru di Balikpapan.

"Kami tengah membujuk salah satu rute ke Malang, tambah Denpasar, Lombok buka Di Banjarmasin ada rute ke Lombok. Dan kita selalu bertukar informasi dengan bandara lain, "paparnya.

Mengandalkan konsep alam, Kepala Dinas Pariwisata Syafrudin Pernyata menambahkan beberapa titik tujuan wisata di Kaltim masih membutuhkan pembenahan aksesibilitas yang menjadi kunci merealisasikan target itu.

"Kekuatan wisata Kaltim ada di wisata alam dengan keanekaragaman hayati [keanekaragaman hayati]. Adanya secara langsung terbang akan memberi kemudahan bagi wisatawan, "jelasnya.

Bicara target dia mengatakan sebanyak 55 ribu wisatawan mancanegara dan 5 juta wisatawan nusantara datang ke Kaltim tahun ini. Analisis ini, saat ini 90 persen wisatawan yang datang ke Kaltim menggunakan transportasi udara.

"Ini harusnya bisa kita lampaui, saat ini lebih banyak orang datang ke Kaltim hanya urusan keluarga atau bisnis, hanya 9 persen untuk wisata," jelasnya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya