Bank Indonesia Kebut Implementasi GPN di Kaltara

Oleh: Eldwin Sangga 27 April 2018 | 10:04 WIB
Bank Indonesia Kebut Implementasi GPN di Kaltara
Pekerja mengecat dinding gedung Museum Bank Indonesia di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (21/3)./Antara-Risky Andrianto

Bisnis.com, TARAKAN - Sejak diluncurkan program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), kini Bank Indonesia (BI) mulai mengimplementasikan program tersebut. Di Tarakan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kaltara menargetkan 9 spot untuk realisasi GPN.

Wakil Kepala Perwakilan BI Kaltara Amran Ardiyan mengatakan pihaknya sudah memetakan 9 spot implementasi GPN di Tarakan. 9 spot tersebut tersebar di sejumlah titik.

"Ada di KKMB, bandara, pelabuhan Tengkayu, pasar Gusher dan di tempat keramaian lainnya," ujar Amran kepada Bisnis di Tarakan, Kamis (26/4/2018).

Amran mengungkapkan pihaknya sudah mengundang pihak perbankan untuk sama-sama mengimplementasikan. Memang, katanya lagi, dalam pembahasan itu, dari 9 spot mengerucut pada 3 spot. Pertama di bandara, pelabuhan dan KKMB.

"Karena kami mengembangkan project sebelumnya yang ada di KKMB."

Sebenarnya, implementasi GPN di Kaltara sudah ada komitmen dari perbankan. Untuk menjembatani itu, BI akan menggerakkan penggunaan nontunai di salah satu spot.

Dia mengungkapkan, di Jalan Kusuma Bangsa sudah banyak kafe yang mulai menggunakan non tunai.

"Kegiatan pastinya masih kami bicarakan dengan rekan-rekan perbankan. Apakah akan ada pekan gerakan nontunai. Pokoknya teknisnya masih kami bicarakan," ujar Amran.

Dia juga mendorong pihak Telkom agar dapat menyediakan jasa jaringan di Kaltara. Tujuannya, agar realisasi nontunai benar-benar dapat didukung dengan infrastruktur yang dibutuhkan.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan rekan-rekan di Telkom agar masalah jaringan tidak jadi polemik lagi," pungkasnya.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya