Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Daerah Di Kaltim Diharap Bantu Pemasaran Produk UKM

DPRD Kalimantan Timur berharap pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota membantu pemasaran produk usaha kecil dan menengah khususnya sentra industri kecil di wilayah pedalaman dan perbatasan.
Perajin gerabah alat dapur/Antara
Perajin gerabah alat dapur/Antara

Bisnis.com, SAMARINDA—DPRD Kalimantan Timur berharap pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota membantu pemasaran produk usaha kecil dan menengah khususnya sentra industri kecil di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Timur Ali Hamdi mengatakan pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pendampingan kepada sentra usaha kecil dan menengah dalam berbagai aspek, mulai program usaha, permodalan, hingga pemasaran produk.

“Banyak produk sebenarnya dari usaha rumahan yang bersifat komersial dan tidak kalah dengan daerah lain. Hanya mereka kesulitan dalam memasarkan produknya karena masih kurang paham mekanisme pemasaran,” katanya, Rabu (16/12/2015).

Ali menyebutkan berbagai produk olahan dan nonolahan yang dihasilkan oleh sentra industri Kaltim jumlahnya sangat beragam dan secara kualitas sebenarnya tidak kalah dengan daerah lainnya. Dis mencontohkan produk olahan rumput laut, beras hingga beberapa jenis produk herbal yang berkhasiat bagi kesehatan, yang semuanya bisa dihasilkan oleh sentra industri di Kaltim.

Ia menambahkan sejumlah industri rumahan di wilayah perbatasan dan pedalaman, sebenarnya memiliki peluang untuk tumbuh dan berkembang lebih dari yang diperkirakan. Asalkan, berbagai produk lokal tersebut punya kemasan yang menarik, sehinga mampu bersaing dengan produk di pasaran.

Apalagi, secara geografis wilayah Kaltim punya potensi alam yang sangat mendukung, sebagai bahan baku produk industri kecil dan menengah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler