Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDAM Tirta Kencana Samarinda Bidik Penambahan 8.000 Pelanggan Tahun Ini

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Samarinda menargetkan pada tahun ini akan menambah 8.000 pelanggan.
PDAM/Ilustrasi
PDAM/Ilustrasi

Bisnis.com, SAMARINDA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kencana Samarinda menargetkan pada tahun ini akan menambah 8.000 pelanggan.

Adapun saat ini, total pelanggan tercatat mencapai 137.255 pelanggan. Penambahan ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan air bersih bagi warga ibukota provinsi Kaltim.

“Pelayanan air bersih PDAM Samarinda sudah mencapai 90 persen kepada masyarakat kota. Tahun 2016, kami sedang membangun Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Pampang dengan kapasitas 20 liter per detik untuk perluasan pelayanan wilayah Sungai Siring dan Bandara Samarinda Baru,” kata Kepala Seksi Humas PDAM Samarinda, HM Lukman, Selasa (19/1/2016).

Lebih lanjut dia mengatakan pembangunan IPA Pampang ini dikerjakan Pemkot Samarinda melalui Dinas Cipta Karya. Setelah beres pembangunannya, IPA tersebut akan diserahkan ke PDAM dalam bentuk hibah.

Meski terus menambah IPA dan jumlah pelanggan, PDAM Samarinda masih menghadapi kendala untuk peningkatan kualitas layanan air bersih ini. Salah satunya, tarif bayar air PDAM yang belum mengalami kenaikan selama 8 tahun terakhir. Padahal, kebutuhan bahan baku kimia pembersih air terus melonjak harganya mengikuti kenaikan mata uang dolar AS.

“Kendala kami, harga air yang sudah 8 tahun belum ada penyesuaian, tarif PLN yang terus naik dan harga bahan kimia yang terus melonjak mengikuti dolar,” kata Lukman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper