Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Jamkrida, Gubernur Kaltim Awang Sebut Bank Tak Perlu Takut Beri Pinjaman

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta agar kalangan perbankan tak perlu takut memberikan pinjaman bagi para pelaku usaha di daerah.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meminta agar kalangan perbankan tak perlu takut memberikan pinjaman bagi para pelaku usaha di daerah.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan agar lembaga perbankan agar tidak perlu takut memberikan pinjaman atau kredit bagi pelaku usaha di daerah.

"Bank jangan takut pinjami pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), petani/nelayan juga koperasi. Kami siap menjamin utang mereka," ujarnya seperti yang dikutip dari laman Pemprov, Sabtu (13/2/2016).

Pemprov Kaltim, lanjutnya telah membentuk PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Kaltim sebagai penjamin bagi pelaku usaha guna memperoleh pembiayaan dari perbankan.

Awang mengungkapkan selama ini kebijakan pemerintah daerah membentuk Jamkrida karena banyak pelaku usaha yang kesulitan mengakses permodalan di lembaga perbankan. Sebab, tidak memiliki agunan untuk jaminan pinjaman kredit.

Oleh karena itu, dia berharap Jamkrida Kaltim mampu membantu serta memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk mengakses permodalan atau pembiayaan dari lembaga perbankan.

"Pemerintah melalui Jamkrida sudah siap menjamin pembiayaan yang diperlukan pelaku usaha. Karenanya, bank jangan ragu-ragu lagi meminjami kredit pelaku UMKM, koperasi maupun petani dan nelayan," kata Awang.

Dia menambahkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim telah tersedia berbagai kredit bagi pelaku usaha dengan total dana tersedia mencapai Rp1,7 triliun.

"Kredit itu misalnya, pembiayaan untuk kredit ternak sejahtera, kredit perikanan sejahtera, kredit sawit sejahtera, kredit pangan sejahtera dan kredit UKM," ucap Awang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper