Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Sampah, Balikpapan akan Bangun Fasilitas di Tiap Kecamatan

Pemerintah Kota Balikpapan akan membangun tempat pemilihan sampah atau material recovery facility untuk mengurangi tumpukan sampah di tempat penampungan sampah sementara.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan akan membangun tempat pemilihan sampah atau material recovery facility untuk mengurangi tumpukan sampah di tempat penampungan sampah sementara.
 
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi telah meresmikan lokasi pemilihan sampah di Kelurahan Gunung Bahagia. Menurutnya, lokasi pemilihan sampah ini mampu memilih sampah hingga 10 ton per hari.
 
Dia mengatakan nantinya tempat pemilihan sampah itu akan dibangun di tiap kecamatan di kota tersebut. Untuk tahun ini, akan dibangun empat tempat pemilihan sampah.
 
“Harapannya program ini dapat dikembangkan pula oleh masyarakat dan swasta, karena bisa menyerap tenaga kerja dan ada nilai ekonominya,” tutur Rizal, kemarin.
 
Untuk pembangunan rumah pemilihan sampah ini, dibutuhkan dana sekitar Rp360 juta dari APBD Balikpapan untuk pengadaan mesin dan diperlukan lahan serta bangunan siap pakai untuk tempat pemilihan sampah.
 
Rizal mengatakan, keberadaan rumah pemilihan sampah itu sangat bermanfaat untuk mengurangi jumlah sampah yang saat ini mencapai 360 ton per harinya, dan mempercepat pengurangan sampah dengan pemilihan sampah yang lebih baik.
 
Pada saat yang sama, Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh mendukung rencana pembangunan rumah pemilihan sampah tahun ini. Dia bahkan mengatakan pembangunan dapat dilakukan tahun ini.
 
“Sepanjang anggarannya digunakan untuk kepentingan masyarakat, kami akan mendukung. Ini bagus sekali dan efektif, sehingga tempat pembuangan sampah sementara tidak menumpuk sampahnya.”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper