Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Properti, Kepemilikan Asing di Balikpapan Menciut

Real Estate Indonesia Balikpapan menyatakan potensi kepemilikan properti oleh warga negara asing di kota tersebut sudah tak lagi sebesar dulu.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Real Estate Indonesia Balikpapan menyatakan potensi kepemilikan properti oleh warga negara asing di kota tersebut sudah tak lagi sebesar dulu.
 
Menurut Ketua REI Balikpapan Edi Juwadi, kepemilikan rumah oleh warga negara asing yang berkedudukan di Balikpapan justru banyak berkurang sepanjang tahun kemarin.
 
Penurunan ini tak lain disebabkan oleh menurunnya harga komoditas industri andalan di Kaltim yang turut mempengaruhi daya beli masyarakat secara umum.
 
“Pekerja asig yang memiliki rumah di sini sudah tidak sebanyak dulu. Sekarang saja sudah berkurang banyak sekali. Dulu ada pengembang yang membangun rumah yang sasarannya untuk pekerja asing, sekarang malah tidak laku,” tutur Edi kepada Bisnis, kemarin.
 
Sehingga, Peraturan Pemerintah No.103/2015 tentang tentang Pemilikan Rumah Tinggal atau Hunian oleh orang asing yang Berkedudukan di Indonesia dianggapnya tidak terlalu mampu menstimulus kinerja pengembang yang menyasar pekerja asing sebagai konsumen utamanya.
 
Sebab peraturan itu tetap membatas jangka waktu hak pakai atas properti yang dimiliki oleh warga  negara asing. Hal ini, katanya, justru akan menyurutkan minat warga negara asing untuk memiliki properti di Indonesia.
 
“Jadi kalau mau memberi kepemilikan properti untuk orang asing seharusnya jangan dibatasi.  Kita bisa mencontoh seperti di Singapura dan Malysia tidak ada batasan untuk kepemilikan properti asing. Jadi siapa saja, asal dia legal masuk ke Indonesia bisa beli properti di sini.”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler