Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilang Minyak Balikpapan, Pertamina Diminta Rekrut Mayoritas Pekerja Lokal

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Balikpapan berharap serapan tenaga kerja hingga ribuan pada proyek pengembangan kilang oleh PT Pertamina benar-benar dapat terbukti.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Balikpapan berharap serapan tenaga kerja hingga ribuan pada proyek pengembangan kilang oleh PT Pertamina benar-benar dapat terbukti.
 
Ketua Badan Pengelola Cabang HIPMI Balikpapan Gafur Mas’ud berharap masyarakat yang memang sudah lama bermukim di Balikpapan bisa mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada proyek tersebut.
 
Tahun ini, PT Pertamina (persero) akan melakukan pengembangan dan perluasan kilang minyak di Balikpapan. Area pengembangan membutuhkan lahan seluas 60 hektare  hingga 80 hektare.
 
Kapasitas kilang yang semula hanya 260.000 barel per hari akan bertambah menjadi 360.000 barel per hari.
 
“Harus ada pembuktian bahwa pekerja yang diterima merupakan warga yang sudah tinggal lama, bila perlu memang mereka lahir di Balikpapan. Bukan pendatang yang baru beberapa bulan memegang KTP Balikpapan,” ujar Gafur, Jumat (18/3/2016).
 
Dia juga mendesak agar porsi kesempatan kerja lebih besar diberikan untuk warga Balikpapan. Untuk itu, Hipmi bersedia memfasilitasi pekerja untuk mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan agar mampu bersaing.
 
Pelatihan itu bisa direalisasikan melalui kerja sama dengan instansi atau lembaga yang menangai pelatihan tenaga kerja, atau dengan melibatkan tenaga ahli perminyakan yang mumpuni.
 
“Balikpapan punya sumber daya manusia yang andal dan berpengalaman, baik yang pernah ataupun masih bekerja pada perusahaan besar, bahkan ada yang sampai ke luar negeri. Tenaga ahli seperti ini bisa dimintai untuk berbagi pengetahuan.”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper