Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemendikbud Alokasikan Dana Sanggar Seni untuk Wilayah Perbatasan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap mengalokasikan anggaran pembinaan sanggar seni untuk wilayah perbatasan Kaltim terutama di wilayah perbatasan darat Kabupaten Mahakam Ulu.
Ada juga bantuan Rumah Budaya. /
Ada juga bantuan Rumah Budaya. /

Bisnis.com, SAMARINDA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan dana pembinaan sanggar seni di wilayah perbatasan Kaltim, terutama di wilayah perbatasan darat Kabupaten Mahakam Ulu.

Kepala Badan Pembangunan Perbatasan Daerah (BPPD) Kaltim Frederik Bid mengatakan bantuan Kemendikbud bertujuan agar sanggar kesenian yang di wilayah perbatasan terus berkarya dan berkembang untuk melestarikan seni dan budaya di daerah ini.

"Sanggar seni akan membuat usulan dan proposal serta mendapat rekomendasi dari Pemprov Kaltim atau dari pemkab setempat. Setelah itu diajukan ke Kemendikbud untuk mendapatkan anggaran pembinaan sanggar seni," ujarnya seperti yang dikutip dari Laman Pemprov, Selasa (29/3/2016).

Bantuan Kemendikbud diketahui seusai BPPD Kaltim menyerahkan usulan untuk pengiriman tim sanggar seni wilayah perbatasan dalam perhelatan Festival Anak Bangsa 2016 yang akan digelar sekitar November mendatang.

"Usulan kami diterima dan disetujui. Mudah-mudahan dalam Festival Anak Bangsa 2016 itu, kita bisa membawa anak-anak perbatasan untuk ikut even ini," katanya.

Bukan hanya pembinaan, Kemendikbud juga akan memberikan bantuan pembangunan rumah budaya untuk mempertahankan dan memperkuat eksistensi individu maupun kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki tujuan pelindungan, pengembangan dan pemanfaatan nilai sejarah dan budaya, termasuk budaya lokal.

"Ada juga bantuan Rumah Budaya. Namun, ada beberapa kriteria untuk mendapat bantuan tersebut, diantaranya memiliki tanah sendiri atau hibah, rutinitas kegiatan kesenian, sanggar seni terdaftar dan direkomendasikan Pemprov Kaltim atau Pemkab Mahulu," tutur Frederik. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper