Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dishub Kaltim Sediakan 1.672 Armada Angkutan Lebaran 2016

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur menyediakan 1.672 armada angkutan tahun ini.
Penumpang melewati Posko Terpadu Angkutan Lebaran. /Antara
Penumpang melewati Posko Terpadu Angkutan Lebaran. /Antara

Bisnis.com, SAMARINDA - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur menyediakan 1.672 armada angkutan tahun ini.

Kepala Bidang Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Kaltim Mahmud Samsul Hadi msngatakan armada angkutan yang disediakan itu untuk mengantisipasi melonjaknya arus mudik dan balik Lebaran.

Beberapa di antaranya adalah angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP), 82 bus dan antarkota dalam provinsi (AKDP) 1.590 armada termasuk bus antarkota, angkutan kapal sungai, kapal ferry, taksi dalam kota, speedboat maupun longboat.

"Angkutan laut antar provinsi kita persiapkan 28 kapal yang terdiri dari enam kapal milik PT Pelni (Pelayaran Nasional Indonesia) dan 22 kapal milik perusahaan swasta," ujarnya, Senin (27/6/2016). 

Khusus untuk transportasi udara pada arus mudik Lebaran, lanjut Mahmud, akan ada penambahan rute penerbangan dari berbagai maskapai yang jumlahnya mencapai 25 trip penerbangan di antaranya Lion Air, Sriwijaya, Batik dan Garuda.

Dia menyebutkan pada kondisi normal jumlah penerbangan mencapai 95 trip untuk tujuan ke berbagai wilayah dan menuju ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Kendati demikian, penambahan jumlah penerbangan akan disesuaikan dengan lonjakan penumpang, meskipun semua maskapai telah mengajukan penambahan penerbangan tetapi akan dilaksanakan jika benar-benar diperlukan sesuai dengan peningkatan penumpang.  

"Berdasarkan informasi dari Angkasa Pura selama angkutan lebaran tahun ini rata-rata 25 trip penerbangan, diharapkan dengan adanya penambahan penerbangan dari masing-masing maskapai tidak terjadi penumpukan penumpang khususnya di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, begitu juga pada Bandara Kalimarau (Berau) maupun Bandara Temindung Samarinda," tuturnya.

Menjaga kelancaran dan keselamatan penumpang, pihaknya juga akan memasang rambu-rambu jalan yang rawan kecelakaan maupun spanduk untuk mengingatkan para pemudik untuk berhati-hati di jalan. 

Pihaknya juga bekerja sama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Kaltim melakukan tes urine baik untuk sopir maupun kondektur bus.  Selain itu, seluruh armada angkutan Lebaran baik darat maupun sungai akan dicek kelayakan dan kelengkapannya.

"Semua yang kita lakukan itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kecelakaan pada arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun ini, sehingga semua bisa selamat sampai tujuan," kata Mahmud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper