Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Desa Siaga Api Dapat Pujian Polisi

Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menilai sejumlah korporasi perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat telah optimal dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau tiba, salah satunya melalui program Desa Siaga Api.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, PONTIANAK – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menilai sejumlah korporasi perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat telah optimal dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau tiba, salah satunya melalui program Desa Siaga Api.
 
Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Polisi Suhadi mengatakan, dari pantauan pihaknya, korporasi perkebunan menggandeng masyarakat sekitar perkebunan bergabung dalam program itu dengan sigap mengatasi titik panas yang menyebabkan kabut asap minim muncul.
 
“Setiap instansi bertanggung jawab sesuai dengan bidang masing-masing seperti memberdayakan masyarakat yang dekat dengan potensi karhutla dan korporasi melalui program CSR membina desa sekitar potensi karhutla,” kata Suhadi kepada Bisnis, belum lama ini.
 
Dia berharap program Corporate Social Responsibility (CSR) dari korporasi dengan membentuk program Desa Siaga Api dilaksanakan juga oleh semua perusahaan yang memiliki izin perkebunan sehingga penanganan kathutla berhasil.
 
Imbauannya, desa yang mampu mengatasi kabut asap diberikan penghargaan. Sementara, bagi yang membiarkan lahan terbakar diberikan hukuman.
 
Dia menyebutkan, ada korporasi yang telah melaksanakan program Desa Siaga Api di Kalbar yaitu perusahaan perkebunan Sinarmas yang memiliki 8 Desa Siaga Api.
 
Pihaknya juga turut mengerahkan pasukan bersama dengan jajaran Pemprov Kalbar dalam penangan karhutla.
 
“Dari yang kami petakan ada sebanyak 135 desa yang berpotensi karhutla dari total 1.977 desa. Kami bersama-sama melakukan patroli terpadu. Dari Polda sendiri mengerahkan 1 pleton yang tersebar di 1.633 desa,” ungkapnya.
 
Terpisah, CEO Perkebunan Sinarmas Kalbar Susanto saat dikonfirmasi menyampaikan pihaknya secara maksimal telah melakukan berbagai upaya pencegahan karhutla yaitu dengan program Desa Siaga Api sejak Maret 2016 yang diresmikan oleh Gubernur Kalbar.
 
“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tinggi kami ucapkan kepada Bapak Gubernur, Kapolda, Pagdam XII Tanjungpura dan semua instansi pemerintah terkait atas arahan, dukungan dan bantuan kepada kami dalam mempersiapkan semua langkah mencegah karhutla, semoga kejadian kebakaran pada tahun ini bisa diminimaslisir dan lebih terkendali," ungkap Susanto.
 
Peran lain dari pihaknya adalah dengan memberikan dorongan dan perhatian khusus untuk mempersiapkan semua infrastruktur yang diperlukan serta mengajak partisipasi aktif masyarakat mencegah kebakaran hutan dan lahan melalui sosialisasi khususnya ke siswa sekolah dari SD sampai SMA, masyarakat desa hingga ke ibu-ibu rumah tangga.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper