Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

200 Taksi di Balikpapan Dapat Bantuan Konverter Kit BBG

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Tahun ini sebanyak 200 taksi argo di kota minyak akan mendapatkan bantuan konverter kit BBG yang bersifat pinjam pakai dari Kementerian ESDM.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 02 Maret 2017  |  20:21 WIB
Ilustrasi - JIBI
Ilustrasi - JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Tahun ini sebanyak 200 taksi argo di kota minyak akan mendapatkan bantuan konverter kit BBG yang bersifat pinjam pakai dari Kementerian ESDM.

Setahun sebelumnya, Balikpapan mendapatkan bantuan serupa untuk 150 kendaraan dinas. Pemberian konverter kit ini merupakan program pemerintah pusat untuk pemanfaatan bahan bakar yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

"Pemberian 200 konverter kit ini sudah dipastikan jadi. Sifatnya pinjam pakai, artinya bisa digunakan selama kendaraannya untuk angkutan umum," jelas Kepala Bagian Ekonomi Setdakot Balikpapan Arzaedi Rachman, Kamis (2/3/2017).

Menurutnya, pemkot telah berkomunikasi dengan kalangan pengusaha taksi argo melalui Organda. Pengusaha diperbolehkan untuk mengusulkan bantuan lebih banyak.

Namun untuk tahun ini, jumlah bantuan hanya mencapai 200 unit. Usulan bantuan itu akan diajukan untuk direalisasikan tahun depan. Adapun jumlah angkutan taksi argo yang aktif di Balikpapan diperkirakan mencapai 900-1000 unit.

Ihwal bantuan untuk angkutan kota, menurutnya bodi angkot tidak muat untuk dipasangi konverter kit. Konverter kit juga tak bisa dipasang di bawah, sebab akan terkena air saat banjir.

Arzaedi menargetkan pemasangan konverter kit ini akan dilakukan pada semester pertama 2017, saat ini pihaknya masih melelang jasa pemasangan konverter kit.

"Fungsi SPBG sekarang makin maksimal, 1 SPBG kan bisa melayani 400-500 kendaraan. Sekarang sudah ada 150, tak lama lagi akan tambah 200 kendaraan," tutupnya.


Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan taksi
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top