Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Populasi Menyusut, Seruyan Tebar Bibit Ikan di Danau & Sungai

Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menebar bibit ikan (restocking) di sejumlah danau dan sungai guna meningkatkan populasi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Desember 2018  |  20:54 WIB
Populasi Menyusut, Seruyan Tebar Bibit Ikan di Danau & Sungai
Ikan patin - Antara
Bagikan

Bisnis.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menebar bibit ikan (restocking) di sejumlah danau dan sungai guna meningkatkan populasi.

"Restocking cara ampuh meningkatkan populasi ikan akibat aktivitas penangkapan yang dilakukan terus menerus khususnya di perairan umum," kata Plt. Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Seruyan Agus Supriadi di Kuala Pembuang, ibu kota Seruyan, pada Selasa (11/12/2018).

Benih ikan itu ditebar di perairan Kecamatan Hanau meliputi 3.280 ikan jelawat, 1.100 gurame, dan 4.780 patin. Sementara itu di perairan Kecamatan Seruyan Tengah meliputi 4.150 jelawat dan 2.300 patin.

Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan di perairan Danau Papudak dan daerah lainnya, dengan jumlah benih yang ditebar lebih dari 35.000 ekor, terdiri dari jenis ikan gurame, baung, dan patin.

"Usai penebaran benih, Dinas Perikanan secara rutin melakukan pengawasan dan evaluasi. Hasilnya, selang beberapa waktu kemudian hasil tangkapan nelayan meningkat dan didominasi ikan jenis yang sama dengan benih yang ditebar," ujarnya.

Dia mengutarakan pemanfaatan sumber daya alam yang berada di perairan umum melalui kegiatan penangkapan dan budi daya terus meningkat. Dampaknya, ada kecenderungan aktivitas tangkap tidak seimbang dengan pertumbuhan populasi ikan.

Data persentase penurunan belum dimiliki. Tetapi secara nyata terlihat dari penyusutan hasil tangkapan nelayan di sejumlah daerah. Namun, lanjut dia, Dinas Perikanan melakukan evaluasi menggunakan data kegiatan 2 hingga 3 tahun terakhir.

Seperti di kawasan Kecamatan Seruyan Tengah, meski memiliki perairan yang cukup luas, nelayan mengeluh karena hasil tangkapannya menurun drastis. "Padahal dulunya ikan jenis jelawat maupun patin sangatlah melimpah di situ."

Kondisi tersebut membuktikan sumber daya ikan mulai mengalami penurunan. Hal ini menjadi indikator, utama dilakukannya penebaran benih ikan agar populasinya menjadi normal kembali.

"Setiap kawasan yang akan kami restocking, terlebih dulu dilakukan evaluasi terhadap data aktivitas tangkapan ikan oleh nelayan selama beberapa waktu terakhir agar kegiatan ini tepat sasaran dan benar-benar efektif," kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan kalteng

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top