Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wow, 841 Desa di Kaltim Naik Status Menjadi Desa Berkembang!

Dari tujuh kabupaten di Kaltim, tinggal dua kabupaten yang rata-rata desanya masih berstatus tertinggal yaitu Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.
Ilustrasi: Sekolah di Desa Bengkinang, Kukat, Kaltim/Bisnis-M Yamin
Ilustrasi: Sekolah di Desa Bengkinang, Kukat, Kaltim/Bisnis-M Yamin

Bisnis.com, SAMARINDA — Sebanyak 841 desa di Provinsi Kalimantan Timur mengalami peningkatan status dari desa tertinggal menjadi desa berkembang pada tahun ini dan tengah bersiap menuju desa maju pada 2020.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Jauhar Efendi mengatakan bahwa perubahan status desa tersebut terbilang cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu 1 tahun.

"Kami sangat bersyukur karena 841 desa di Kaltim yang pada tahun lalu rata-rata masih berstatus tertinggal, tahun ini sudah mengalami peningkatan statusnya menjadi desa berkembang," kata Jauhar seperti dikutip dari Antara, Senin (22/7/2019).

Jauhar menambahkan bahwa dari tujuh kabupaten di Kaltim, tinggal dua kabupaten yang rata-rata desanya masih berstatus tertinggal yaitu Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Dia membeberkan bahwa pada tahun lalu Kaltim masih memiliki desa dengan status tertinggal sebanyak 381 desa (45,30 persen) dan yang berstatus sangat tertinggal masih lumayan banyak yaitu 137 desa (16,29 persen).

Data sementara tersebut menunjukkan bahwa desa tertinggal mengalami migrasi atau pergeseran ke arah desa berkembang pada tahun ini. Bahkan, ada yang langsung melompat dari desa tertinggal menuju desa maju, tanpa melalui desa berkembang.

Desa tertinggal turun menjadi 277 desa (32,94 persen), sedangkan desa sangat tertinggal juga mengalami pergeseran yang luar biasa.

"Tahun ini desa sangat tertinggal mengalami penurunan yang luar biasa, yaitu yang semula berjumlah 137 desa, tinggal 24 desa atau 2,85 persen,” kata Jauhar.

Desa dengan status maju juga mengalami peningkatan yang luar biasa. Tahun lalu desa maju masih berjumlah 32 desa (3,80 persen), sedangkan tahun ini jumlahnya menjadi 109 desa yang berstatus maju (12,96 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper