Pemerintah Berharap Ibu Kota Baru Sebagai Pusat Pengembangan Digital

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengharapkan pembangunan ibu kota negara sebagai pusat pengembangan digital.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  21:30 WIB
Pemerintah Berharap Ibu Kota Baru Sebagai Pusat Pengembangan Digital
Menteri PPN - Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengharapkan pembangunan ibu kota negara sebagai pusat pengembangan digital.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro mengatakan tak hanya pusat pengembangan digital, akan dibangun universitas berkelas dunia dengan memfokuskan pada keilmuan. Misalnya saja seperti fakultas atau jurusan science,  teknologi,  matematika.

”Tetap ada industri tetapi industri digital bukan manufaktur tapi digital yang basis syarat ilmu pengetahuan,” katanya dalam sambutan ibu kota baru bersama pemimpin redaksi media nasional di Hotel Novotel Balikpapan,Selasa malam (1/10/2019).

Bambang mengharapkan dengan pembangunan universitas kelas dunia dan pusat pengembangan digital akan menyumbang perekonomian bagi ibu kota baru.

Hal itu termasuk aspek pariwisata di ibu kota baru akan dikembangkan.

"Mudah-mudahan besok kita bisa melihat lebih jelas yang pasti kita bisa melihat potensi teluknya yang berdekatan ibu kota ada langsung view laut,”imbuhnya.

Menurut Bambang dengan keberadaan kampus dan pusat pengembangan digital, IKN nantinya bukan sekadar kumpulan kantor -kantor pemerintahan yang setelah selesai jam kerja akan sepi.

Adapun encananya Rabu pagi (2/10) pukul 07.30 Menteri Bappenas, Menhub,  Menteri ATR, PUPR bersama pemerintah provinsi Kaltim, pimpinan medis masa nasional dan lokal akan berkunjung ke ITCI.

Selanjutnya pada Rabu siang akan gelar kembali diskusi hasil kunjungan ke lokasi IKN di wilayah ITCI -Maridan, Sepaku -Semoi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bappenas, Ibu Kota Dipindah

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top