Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Partisipasi Pemilih Jadi Tantangan KPU Kota Banjarmasin

KPU Kota Banjarmasin secara resmi melaunching tahapan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020 mendatang, Kamis (14/11/2019) di Menara Pandang Taman Siring Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin.
KPU Kota Banjarmasin melaunching tahapan  Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020/Arief Rahman
KPU Kota Banjarmasin melaunching tahapan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020/Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN– Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kota Banjarmasin secara resmi melaunching tahapan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020 mendatang, Kamis (14/11/2019) di Menara Pandang Taman Siring Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Gusti Makmur menegaskan, komitmen pihaknya untuk dapat kembali mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020 agar dapat berjalan baik, profesional hingga mampu memberikan hasil yang optimal bagi keberlangsungan sistem demokrasi yang ada di Kota Seribu Sungai.

“Pada even Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020 kali ini, kami juga berusaha agar dapat mempertahankan partisipasi pemilih yang pada Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 lalu mencapai 82 persen. Ini merupakan sebuah tantangan bagi kami semua agar bisa kembali dipertahankan,” tegasnya.

Ia pun dalam kesempatan ini berharap dukungan semua pihak agar dapat ikut mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020. Karena tanpa dukungan semua pihak sulit tentunya suksesi Pemilihan Umum di Tahun 2019 dapat kembali dilanjutkan.

“Kami nantinya akan rutin melakukan konsolidasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Karena KPU Kota Banjarmasin tidak bisa sendiri untuk dapat mensukseskan even 5 tahunan kali ini,” tambahnya.

Komisioner KPU Provinsi Kalsel Teddy Ariansyah juga mengakui, mempertahankan partisipasi pemilih pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 mendatang memang merupakan tantangan tersendiri yang tidak hanya dihadapi oleh KPU Kota Banjarmasin, tapi juga KPU di daerah lainnya di Provinsi Kalsel yang menggelar tahapan Pilkada Tahun 2020 mendatang.

“Karena itulah saya berharap sosialisasi yang intensif dari seluruh pemangku kepentingan di Pilkada Tahun 2020 sangatlah strategis perannya, agar partisipasi pemilih dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan,” jelasnya.

Sementara itu, Walikota Ibnu Sina mengaku siap mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020. Salah satunya dalam hal ketesediaan anggaran dalam pelaksanaannya.

“Kami ingin pelaksanaannya dapat berjalan dengan sukses. Bahkan selain masalah anggaran kami juga siap menjaga integritas dan independesi para ASN yang ada dilingkungan Pemko Banjarmasin, agar dapat menghasilkan pilkada yang lebih berkualitas,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper