CPNS Kota Balikpapan, 997 Berkas Masuk, Pendidikan SMA Diminati

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Balikpapan mencatat sebanyak 997 berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah masuk dari sekitar 4.110 pendaftar online yang melamar ke Balikpapan.
Permintaan dan penjualan materai 6000 meningkat dipengaruhi pembukaan formasi CPNS 2019./Antara-Syifa Yulinnas
Permintaan dan penjualan materai 6000 meningkat dipengaruhi pembukaan formasi CPNS 2019./Antara-Syifa Yulinnas

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan mencatat sebanyak 997 berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah masuk dari sekitar 4.110 pendaftar online yang melamar ke Balikpapan.

Sekretaris BKPSDM kota Balikpapan Miming Masdiana mengatakan pendaftaran telah dibuka sejak 11 November 2019 hingga terakhir penutupan pada Senin mendatang 25 November 2019. Para CPNS melakukan pendafataran terlebih dahulu yang ditindaklanjuti dengan melengkapi berkas persyaratan yang dikirim melalui kantor pos. Sehingga dia memperkirakan berkas-berkas tersebut masih dalam proses.

Adapun apabila dibandingkan dengan tahun–tahun sebelumnya, formasi yang dibuka tahun ini untuk Kota Balikpapan sebanyak 250. Mengalami peningkatan dari tahun lalu sebanyak 189 formasi. Hal tersebut mendorong animo pendaftar yang lebih besar karena jumlah formasi yang tersedia lebih banyak.

Para pendaftar lazimnya baru ramai pada batas akhir waktu, sehingga diperkirakan masih banyak yang melakukannya hingga Senin pekan depan.

“Saat ini servernya pendaftaran online juga masih mengalami gangguan. Karena memang sedang puncak-puncaknya. Paling aman memang kalau subuh dan jam-jam tidur,” jelasnya, Jumat (22/11/2019).

Tercatat dari 4.110 jumlah pendaftar banyak meminati formasi tenaga teknis Dinas Satuan Polisi Pamong Praja. Hal tersebut lantaran kualifikasi yang dibutuhkan tak lagi harus hingga jenjang S1, tetapi dibuka untuk pendidikan SMA.

“Tahun lalu nggak ada SMA, S1 Semua. Selain itu kecenderungannya memang banyak formasi untuk guru karena memang yang paling dibutuhkan,”imbuhnya.

Justru untuk formasi yang membutuhkan persyaratan cum laude dan untuk disabilitas belum banyak pendaftar.

Setelah verifikasi berkas dilakukan akan ditindaklanjuti dengan pengumuman lulus admnistrasi. Selanjutnya pada Desember akan ada pengumuman lulus seleksi administrasi. Mereka yang lulus seleksi itu akan mengikuti tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) pada Februari 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper