Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara SAMSS Layani Penerbangan Komersial Lagi, Penumpang Diminta Datang Lebih Awal

Calon penumpang jauh hari harus siapkan persyaratan dan datang lebih awal karena butuh waktu yang cukup panjang.
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur./BUMN.go.id
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur./BUMN.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah telah memberikan kelonggaran penggunaan moda transportasi udara meski pandemi Covid-19 belum mereda. Orang dengan tujuan tugas negara atau bisnis dapat keluar kota.

General Manager Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS), Balikpapan, Kalimantan Timur, Farid Indra Nugraha, mengatakan bahwa di sisi lain Wali Kota Balikpapan meminta agar menunda adanya penerbangan komersial hingga 31 Mei mendatang.

Tujuannya agar penyebaran pandemi Covid-19 bisa ditekan. Pengelola bandara lalu mengelaborasi dua hal tersebut, yaitu tetap beroperasi dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

“Dengan demikian dengan dasar pertimbangan tersebut telah dilakukan perubahan yang besar dan tetap menjaga prinsip-prinsi tetap tidak ada kegiatan mudik. Hanya yang dikecualikan dalam kegiatan dalam hal penugasan tertentu sebagaimana surat edaran yang telah dikeluarkan,” ujarnya pada Senin (11/5/2020).

Yang dimaksud Farid adalah Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Berdasarkan SE tersebut, pengguna transportasi udara harus menunjukkan surat tugas, identitas diri, hasil negatif Covid-19, dan melaporkan detail rencana perjalanan.

Selain syarat dari SE yang tertera, Bandara SAMSS juga meminta penumpang untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan atau Health Allert Card (HAC) yang disiapkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). KKP nanti yang menetapkan apakah penumpang bisa menggunakan menggunakan transportasi udara atau tidak.

“Juga sebaiknya calon penumpang jauh hari harus siapkan persyaratan dan datang lebih awal karena butuh waktu yang cukup panjang. Tidak bisa seperti yang biasa dilakukan,” jelas Farid.

Berdasarkan jadwal penerbangan yang dipantau Bisnis.com, maskapai yang beroperasi saat ini adalah Citilink tujuan Surabaya (SUB)-Balikpapan (BPN) dan Jakarta (CGK)-Balikpapan (BPN) serta Batik Air rute Jakarta (CGK)-Balikpapan (BPN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler