Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pontianak Sukses Tekan Transmisi Lokal Covid-19

Pontianak dianggap cukup berhasil menurunkan angka transmisi lokal Covid-19 yang membuat kurva perkembangan kasus virus corona jenis baru itu mendatar.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  16:47 WIB
Ilustrasi penanganan pasien corona Covid-19. - Antara
Ilustrasi penanganan pasien corona Covid-19. - Antara

Bisnis.com, PONTIANAK – Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, dianggap cukup berhasil menurunkan angka transmisi lokal Covid-19 yang membuat kurva perkembangan kasus virus corona jenis baru itu mendatar.

"Kurva mendatar ini sangat kami harapkan sehingga fasilitas kesehatan masih mampu melayani pasien Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu pada Kamis (14/5/2020).

Menurut dia, jika tanpa penanganan yang baik dalam mencegah penyebaran virus corona, diprediksi saat ini mungkin akan ada 205 penderita Covid-19. Seandainya hal itu terjadi, fasilitas kesehatan yang ada tidak mampu menampungnya.

"Kita sekarang masih mampu merawat penderita Covid-19 karena ada upaya bersama, sehingga tidak terjadi lonjakan pasien," ungkapnya.

Sidiq menjelaskan perkembangan kasus per pekan tergolong mendatar. Hingga saat ini 71 terkonfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah itu, ada beberapa klaster kiriman dari Sukabumi, Jawa barat, sebanyak 10 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 , selebihnya beberapa kelompok dari tenaga kesehatan.

"Kelompok tenaga kesehatan memiliki jumlah cukup tinggi, dari 71 kasus konfirmasi positif Covid-19, sebanyak 22 orang di antaranya merupakan tenaga kesehatan," ujarnya.

Dia menambahkan upaya-upaya dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19 yang telah dilakukan Tim Gugus Tugas dinilai cukup efektif, misalnya, kebijakan work from home (WFH) dalam rangka physical distancing mampu mengurangi kepadatan atau kerumunan orang.

"Demikian pula penutupan sementara tempat-tempat wisata juga menekan mobilisasi orang," kata Sidiq.

Tidak kalah pentingnya, kebijakan terhadap usaha warung kopi dan kafe untuk tidak melayani makan dan minum di tempat juga dinilai efektif dalam rangka pembatasan fisik. "Imbauan untuk beribadah di rumah juga berpengaruh dalam mencegah penyebaran Covid-19," kata Sidiq.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pontianak Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top