Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pedagang Pasar Minta agar Tempat Mereka Berjualan Tak Ditutup

Karena banyak pedagang yang tertular virus corona, pasar tradisional yang berada di lantai dasar Plaza Muara Rapak itu ditutup sampai Senin (3/8/2020).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Agustus 2020  |  01:13 WIB
Ilustrasi pasar tradisional. - Bisnis
Ilustrasi pasar tradisional. - Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Puluhan pedagang yang menempati lantai satu Plaza Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur meminta pasar tidak ditutup seluruhnya meski ditemukannya pedagang yang tertular COVID-19.

“Kalau pasar ditutup seluruhnya, kami tidak bisa berjualan, sementara kalau tak jualan tak ada pemasukan,” kata Pengurus Persatuan Pedagang di Lantai 1 Plaza Muara Rapak Roni ketika dihubungi Sabtu (1/8/2020) malam.

Keluhan pedagang berlanjut, pasalnya mereka tetap ditagih iuran secara penuh meski pasar mengalami penutupan dan pedagang tidak mendapatkan pemasukan.

Para pedagang menyampaikan aspirasinya ke Badan Pengelola Rapak Plaza.

Ketika menjawab para pedagang, Hamzah yang mewakili manajemen menyampaikan bahwa perintah penutupan pasar bukan berasal dari Badan Pengelola, melainkan dari Gugus Tugas Covid-19. Tujuannya adalah agar rantai penularan di Pasar Muara Rapak terputus dan wabah berhasil dikendalikan.

Hingga kini sudah 33 pedagang yang positif terinfeksi dari 4 pedagang pertama. Dari jumlah 33 itu, 17 pedagang positif dari hasil tes swab tahap pertama dan 11 lainnya dari swab pada Kamis (30/7/2020), ditambah seorang lagi yang positif pada Jumat, keesokan harinya.

Karena banyak pedagang yang tertular virus corona, pasar tradisional yang berada di lantai dasar Plaza Muara Rapak itu ditutup sampai Senin (3/8/2020).

“Kebijakan penutupan pasar ini bukan dari kami pengelola, melainkan dari Gugus Tugas Covid-19 yang ketuanya Wali Kota langsung,” kata Hamzah.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan  yang juga Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengaku sudah mendapat laporan mengenai aspirasi para pedagang tersebut.

“Perkembangannya para pedagang sudah menerima pasar ditutup sampai Senin, tetapi aspirasi mereka agar tidak seluruh pasar ditutup juga kami pertimbangkan,” kata Wali Kota.

Wali Kota menegaskan dirinya sangat memahami keluhan para pedagang. Namun, saat ini Pemerintah Kota juga menjaga keselamatan seluruh warga kota yang jumlahnya lebih besar dan lebih banyak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pasar Tradisional Virus Corona

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top